Fakta Unik Lamun, Si Tanaman Dasar Laut!

oleh -186 views
source: lipi.go.id

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu tahu ada tanaman di dasar laut, yang bernama lamun. Lamun merupakan tumbuhan berbunga yang tumbuh di laut dangkal dan butuh sinar matahari. Berikut ini fakta unik lamun, mari kita bahas!

Lamun sangat mirip dengan tanaman yang ada di darat. Morfologi lamun seperti tanaman biasanya yaitu lamun memiliki akar, daun, bunga, dan buah.Rhizome merupakan batang yang terbenam dan merayap secara mendatar dan berbuku-buku. Dengan Rhizoma dan akar lamun dapat menancapkan diri dengan kokoh di dasar laut sehingga lamun tahan terhadap hempasan ombak dan arus.

Penyerbukan adalah cara perkembangbiakan tanaman ini. Walaupun, ia tidak memiliki stomata, ia bisa melakukan fotosintesis. Lamun berfotosintesis dengan lapisan kutikula tipis yang terletak di bagian daunnya. Lapisan kutikula yang tipis pada permukaan daun ini yang dapat menggantikan fungsi stomata sebagai tempat keluar masuknya udara dan adanya terjadinya transfer zat terlarut.

Lamun berkontribusi besar dalam rantai makanan di laut. Tanaman ini menjadi produsen primer yang mampu memfiksasi sejumlah bahan organik. Lamun juga bermanfaat menangkap sedimen muara yang kaya nutrien sehingga membuat air laut menjadi jernih. Lamun menjadi tempat habitat untuk berkembangbiak, makan, dan tempat berlindung.

Misalnya, pada avertebrata, hanya bulu babi yang memakan langsung lamun, sedangkan dari vertebrata yaitu beberapa ikan (Scaridae, Acanthuridae), penyu dan duyung, sedangkan bebek dan angsa memakan lamun jika lamun tersebut muncul pada surut terendah. Lamun juga tentunya bermanfaat bagi manusia.

Selain sebagai pemasok utama ikan yang jadi buruan para nelayan, lamun juga bisa kita konsumsi. Di daerah Sulawesi dan Nusa Tenggara, orang-orang suka membuat olahan dari lamun yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan rasanya gurih. Dan, lamun bisa menjadi pakan ternak alternatif dan kerajinan tangan juga. Banyak sekali ya manfaatnya. (tika)

Nah itu fakta dan manfaat tentang lamun, tanaman yang ada di dasar laut. Jadi bagaimana menurutmu?

baca juga: Fakta Arum Dalu, Tanaman yang Harum di Malam hari

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *