Goa Lalay Padaherang Pangandaran : akan Dijadikan Wisata Fauna

oleh -365 views
Goa Lalay Padaherang Pangandaran : akan Dijadikan Wisata Fauna

ZETIZEN RADAR CIREBON – Goa Lalay Padaherang Pangandaran yang berlokasi di Dusun Babakansari RT 03/05, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran : akan Dijadikan Wisata Fauna. (jerrell)

Sekretaris Desa Ciganjeng Yuyuk Ruhijar mengatakan, selain akan dikembangkan sebagai kawasan wisata fauna, Goa Lalay tersebut juga telah menjadi sumber perekonomian.

“Goa tersebut diberi nama Goa Lalay karena dihuni oleh kelelawar,” kata Yuyuk, Rabu (24/2/2021).

Goa lalay a
Foto : Times Indonesia

Untuk pengelolaannya saat ini masih dikelola oleh Persaudaran Penjaga Goa Lalay Kedung Palungpung. “Pengelola goa lalay sudah lama memproduksi pupuk yang berasal dari kotoran hewan kelelawar,” tambahnya.

Bahkan masyarakat sekitar, sudah banyak yang menggunakan pupuk kotoran dari Goa Lalay untuk produksi pertanian kebun dan sawah. “Hasil tanaman yang diolah menggunakan pupuk kotoran dari Goa Lalay tidak kalah dengan tanaman yang diberi pupuk pabrikan,” terang Yuyuk.

Bahkan konsumen dari luar daerah seperti Bandung sering memesan kotoran hewan kelelawar dari dalam Goa Lalay. “Untuk harga eceran pupuk kotoran dari goa lalay dijual dengan harga Rp 1.500 setiap satu kilogram,” jelasnya.

Hasil dari penjualan kotoran hewan dari Goa Lalay dijadikan sebagai uang kas oleh pengelola.

“Kami Pemerintah Desa setempat mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian Goa Lalay jangan sampai rusak,” sambung Yuyuk.

Goa Lalay tersebut keberadaannya di tanah milik Bapak Kosli Sunarso dan ditemukan sejak tahun 1823.

“Ke depan kawasan Goa Lalay akan kami kembangkan, tahapannya membuat akses jalan yang refersentatif melalui keuangan desa,” tuturnya.

Yuyuk optimistis jika pengelolaannya dimaksimalkan dan ada keterlibatan pemerintah maka akan berkembang dengan baik dan menjadi sumber perekonomian masyarakat.

Untuk diketahui, Goa Lalay memiliki kedalaman 120 meter dengan lebar 35 meter dan tinggi 20 meter. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *