Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Detoks Media Sosial!

oleh -154 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hampir padatnya aktivitas yang kita lakukan secara daring memang cukup melelahkan. Kita juga terkadang terdistraksi oleh notifikasi media sosial. Media sosial sebagai sarana informasi, menjaga hubungan sosial, dan sebagai sarana hiburan juga berdampak kurang baik apabila berlebihan. Terlalu sering juga akan mengakibatkan kecanduan dan mengganggu kualitas di hidup kita. Kamu perlu melakukan detoks media sosial. Berikut ini alasan kamu perlu detoks media sosial. (tika)

1. Meningkatkan risiko gangguan mental

Melansir dari hellosehat, ada sebuah penelitian dari BMC Public Health mengungkapkan anak-anak yang berusia sekitar 10 tahun dan aktif di internet dapat berdampak negatif hingga mereka dewasa nanti. Hal ini karena mereka sedari kecil sudah terpapar standar kesuksesan atau standar kecantikan yang begitu tinggi di media sosial. Kemudian, ketika anak-anak tersebut tumbuh dewasa, mereka akan merasa tidak puas dengan hasil yang ia dapatkan. Hal ini dapat membuat mereka depresi. Detoks media sosial ini, tujuannya untuk meminimalisir risiko risiko gangguan tersebut.

2. Mengganggu kesehatan fisik

Tak hanya mengganggu kesehatan mental, ternyata media sosial juga dapat mengganggu kesehatan fisik. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa orang dewasa yang berusia 19 sampai 32 tahun cenderung lebih sering mengecek media sosialnya. Frekuensi pengecekan tersebut mencapai 30 kali dalam satu minggu. Hal ini dapat menyebabkan gangguan tidur karena kita sering aktif di media sosial sampai larut malam, emosional pada malam hari juga lebih tinggi serta sinar layar ponsel dapat mengganggu kualitas tidur. Nah, padahal terganggunya tidur kita dapat berdampak buruk pada kesehatan lainnya.

3. Kamu harus fokus di dunia nyata

Terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia maya, lebih baik waktunya kamu gunakan untuk mulai merawat diri, membenahi diri, dan fokus dengan tujuan-tujuan yang ada. Kamu juga bisa lebih dekat dengan keluarga, membereskan rumah, ataupun bersosialisasi dengan tetangga atau orang yang ada di sekitarmu. Selama kamu berselancar di media sosial, kamu mungkin terlalu fokus dengan yang ada di dunia maya, sehingga kamu lupa dengan yang seharusnya kamu lakukan. Kita tetap boleh bermain media sosial yang penting tidak berlebihan dan tahu kapan waktunya istirahat.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah kamu sudah mencoba detoks media sosial?

 

baca juga :

Tubuh Terasa Lelah Saat Bangun Tidur, Ini Alasannya!

Ini Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari!

Ini Manfaat Minum Teh Untuk Tubuh!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *