Ini Alasan Mengapa Self-love Itu Penting!

oleh -164 views
source: freepik.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Akhir akhir ini seringkali banyak yang membahas tentang self-love. Sebenarnya self-love itu apa sih dan alasan mengapa self-love itu penting? Self-love menurut khoshaba (2012) adalah kondisi ketika kita dapat menghargai diri sendiri dengan cara mengapresiasi diri saat kita mampu mengambil keputusan mengambil keputusan dalam perkembangan spiritual, fisik, dan psikologis. (tika)

Berikut ini alasan self-love itu penting. Yuk mari kita simak!

1. Meningkatkan self-esteem

Self-esteem salah satu aspek yang terpenting dalam kesehatan mental. Self-esteem yaitu suatu cara seseorang dalam memandang dan menerima diri sendiri juga membuat merasa percaya diri. Apabila kita mulai mengelola self-love, maka self-esteem pun akan meningkat.

2. Lebih bahagia

Ketika kamu sudah bisa mencintai, menghargai, dan juga menerima dirimu sendiri, maka kamu juga bisa mulai menghargai orang lain. Jika kamu sudah berhasil melakukannya pada diri sendiri dan orang sekitar, maka kamu pun akan kembali terbalas oleh orang sekitar. Kamu juga akan lebih bahagia dalam menjalani hidup.

3. Mengurangi risiko gangguan mental

Kesulitan saat menerima diri apa adanya akan membuat tidak nyaman dan bisa membuatmu terkena stress atau gangguan mental lainnya. Jika terus berlanjut akan mengganggu kondisi psikologis kamu. Riset pun menunjukkan bahwa orang yang memiliki self-esteem dan self-love yang rendah, rentan terkena berbagai gangguan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan makan seperti anoreksia.

4. Menerima diri apa adanya

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jangan jadikan kekurangan sebagai penghambat untuk bergerak maju, dan jangan lupa untuk menyadari kelebihan dan meningkatkan kualitas diri. Bahkan kelemahanmu, bisa kamu jadikan sebagai kelebihan barumu. Cobalah untuk memperbaiki diri ke arah yang berkualitas dan menjadi versi diri kita yang lebih baik lagi.

5. Menjadi lebih sehat

Ketika kamu sudah mencintai dirimu, maka kamu akan berusaha untuk menjaga tubuhmu untuk tetap sehat dan segar. Kamu bisa mulai mencoba menjaga pola tidur, minum air yang cukup, olahraga, dan rutinitas sehat lainnya. Manfaat dari mengembangkan gaya hidup sehat ini, akan menjadikan pribadi yang lebih bersyukur, menerima diri, dan meningkatkan kepercayaan diri

Nah, itulah alasan mengapa kamu perlu mencintai diri sendiri. Apakah kamu sudah mencobanya?

Baca juga :

Ternyata Ini Manfaat Bangun Pagi yang Perlu Kamu Tahu!

5 Hobi Ini Bikin Kamu Jadi Cerdas!

Ternyata Ada Manfaat dari Rasa Malas Lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *