Jajanan Khas Sunda yang Patut Kamu Coba! (Bagian 1)

oleh -483 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berbicara soal kuliner, tentunya setiap daerah pasti memiliki makanan khas dari daerahnya. Seperti daerah Jawa Barat, yang begitu banyak memiliki jajanan dari sunda ini mulai dari yang manis sampai yang asam ada. Nah, berikut ini beberapa jajanan khas sunda yang patut kamu coba. (tika)

1. Gemblong

source: dapur-eeyand.blogspot.com

Apakah sudah tahu jajanan yang satu ini? Ya, gemblong adalah jajanan dari tanah sunda yang memiliki cita rasa yang manis. Gemblong berbahan dasar dari tepung beras ketan yang berbentuk bulat atau lonjong kemudian digoreng. Setelah dingin adonan ini akan kita lapisi gula aren. Teksturnya agak keras namun rasanya manis dan enak.

2. Colenak

source: pinterest

Colenak atau dicocol enak merupakan jajanan khas sunda yang terbuat dari peuyeum yang di bakar. Hidangan ini sangat enak kita sajikan dengan di cocol pada gula jawa cair dengan campuran parutan kelapa. Oleh karena itu kita sebut dengan nama colenak. Colenak pertama kali di perkenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930.

3. Leupeut

source: pinterest

Selanjutnya adalah leupeut. Leupeut adalah jajananĀ  yang terbuat dari beras atau ketan yang dibungkus dengan daun kelapa atau daun pisang yang dilipat kemudian diikat. Bentuknya hampir sama dengan lontong. Namun yang membedakan adalah ukuran yang lebih kecil dan isiannya dengan oncom atau kacang.

4. Wajit Cililin

source: inews.co

Wajit cililinĀ  terbuat dari gula aren atau gula kawung, kelapa, gula putih, beras ketan, dan vanili. Semua bahan ini di masukkan ke satu wajan besar dan di masak dengan menggunakan api tungku dan dijemur dengan daun jagung. Wajit Cililin memiliki tekstur agak kering di bagian luarnya dan lembut di bagian dalamnya.

5. Awug

 

source: republika.co.id

Awug juga termasuk jajananĀ  terbuat dari tepung beras dan kelapa yang di kukus dengan gula merah. Biasanya di cetak dalam bentuk kerucut. Awug memiliki cita rasa yang manis legit dan sangat cocok di makan dalam keaadaan hangat. Jajanan ini terlihat mirip seperti kue putu.

Nah, itu beberapa jajanan khas sunda yang patut kamu coba. 5 jajanan ini adalah semua memiliki rasa yang manis legit. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas jajanan khas sunda yang memiliki cita rasa yang berbeda ya. Jadi, apakah kamu pernah mencoba salah satunya?

 

baca juga :

Kopi Unik dari Berbagai Negara, Sudah Coba?

Ini Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.