Jajanan Khas Sunda yang Patut Kamu Coba! (Bagian 2)

oleh -208 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Makanan dari setiap daerah pasti memiliki keunikan dan khas tersendiri. Kali ini, kita akan membahas jajanan khas sunda yang seringkali kita temui atau bahkan sebenarnya itu makanan favorit kamu. Apa saja ya kira-kira jajanan khas sunda yang sering kita temui tersebut? Yuk langsung aja kita bahas! (tika)

1. Cireng

source: pinterest

Pasti kamu tidak asing dengan cireng atau aci yang di goreng ini. Cireng sudah terkenal bahkan ke luar daerah nya sendiri. Cireng ini adalah jajanan yang terbuat dari tepung kanji atau aci yang kemudian di goreng. Memiliki cita rasa yang gurih dan krispy. Biasanya cireng i temani dengan saos atau bumbu rujak. Apalagi kalau kita makan dalam keadaan hangat ketika sedang hujan.

2. Tahu gejrot

source: pinterest

Jajanan dari sunda selanjutnya adalah tahu gejrot. Tahu gejrot ini berasal dari Cirebon, Jawa Barat lho. Tahu yang memiliki isi agak kosong kemudian di beri kuah berwarna cokelat pedas. Kuahnya terbuat dari racikan gula jawa, kecap, dan air asam atau cuka. Tahu gejrot memiliki cita rasa yang khas dengan tambahan ulekan kasar bawang merah, bawang putih, cabai, terasinya.

3. Cilok

source: pinterest

Cilok atau aci di colok ini juga termasuk jajanan khas dari Jawa Barat yang banyak penggemarnya. Jajanan ini terbuat dari aci yang berbentuk bulat bulat kemudian kita rebus. Setelah di rebus, biasanya cilok ditemani dengan bumbu kacang atau saus sambal. Jangan lupa makannya dengan tusukan sesuai namanya yang di colok.

4. Batagor

source: pinterest

Jajanan selanjutnya yang sangat terkenal ini dan pasti hampir setiap orang sunda sudah memakannya yaitu batagor. Batagor atau bakso tahu goreng ini terbuat dari tahu dengan balutan tepung kemudia digoreng dengan minyak panas. Dalam satu porsi batagor biasanya ditambahkan rebusan kentang, kol, dan telur yang tidak lupa dengan saus bumbu kacang. Batagor sangat enak kita makan saat dingin dingin dalam keadaan hangat.

5. Seblak

source: pinterest

Seblak adalah jajanan dari sunda yang penggemarnya banyak dari kalangan perempuan lho! Jajanan ini terkenal dengan rasa yang asin dan pedas yang menggugah selera. Seblak ini terbuat dari olahan kerupuk yang dibumbui dengan bumbu dari cabai, kencur, garam, kemiri dan bawang putih yang kemudian direbus sebelum disajikan. Yang membuat unik adalah cita rasa kuah atau bumbunya yang enak dan membuat ketagihan.

Nah, itu beberapa makanan dari sunda yang mungkin sering kita jumpai. Jadi, mana jajanan kesukaanmu?

 

baca juga : Jajanan Khas Sunda yang Patut Kamu Coba! (Bagian 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *