Jus VS Smoothies, Mana yang Lebih Sehat?

oleh -106 views
source: cntraveler.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengonsumsi buah dan sayur sangat penting untuk kita sebagai sumber gizi sehat, seperti vitamin, mineral, dan serat. Kamu bisa mengonsumsi dengan langsung di makan atau bisa dengan cara di masak. Namun, kamu juga bisa membuat minuman dalam bentuk jus dan smoothies. Namun, antara jus dan smoothies mana yang lebih sehat? Untuk tahu jawabannya yuk kita bahas perbedannya. (tika)

1. Bahan

Bahan jus dan smoothies tidak jauh berbeda, yaitu dengan sayuran dan buah-buahan. Jus terdiri dari salah satu buah atau sayuran tertentu saja. Sedangkan, bahan untuk membuat smoothies lebih beragam. Smoothies juga biasa menambahkan bahan lain seperti, susu, yogurt, kacang-kacangan ataupun granola.

2. Cara pembuatan

Baik jus ataupun smoothies, keduanya sama-sama menggunakan blender untuk mencampurkan buah atau sayuran. Namun, jus akan di saring sehingga tidak ada ampas dari buah atau sayuran. Sedangkan smoothies tidak kita saring dan akan menghasilkan tekstur yang lebih berat karena masih tersisa ampasnya.

3. Tekstur

Perbedaan selanjutnya yaitu dari segi tekstur. Jus terlihat lebih cair karena jus adalah sari-sari buah atau sayur yang secara alami ada di dalam buah atau sayuran tersebut. Sedangkan smoothies memiliki tekstur yang lebih kental atau padat. Hal ini karena smoothies adalah hasil dari buah, sayur, atau keduanya dan menyertakan ampasnya.

4. Kandungan nutrisi

Karena bahan dan cara pembuatannya yang berbeda, maka kandungan nutrisinya pun berbeda. Dari segi kadar serat, smoothies lebih baik karena proses pembuatannya yang tidak membuang serat seperti jus. Serat ini bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengontrol kadar gula darah. Selain itu, kadar antioksidan di smoothies lebih tinggi karena senyawa ini sering terkandung salam serat.

Sedangkan dari segi kalori, jus lebih baik dari smoothies, terutama untuk kamu yang sedang dalam program diet. Hal ini karena kadar kalori smoothies lebih tinggi yang kita dapat dari penambahan bahan makanan lainn selain buah dan sayuran. Serta, jika kamu menambahkan gula dalam proses pembuatannya.

Jadi, antara jus dan smoothies mana yang lebih sehat? Keduanya sama-sama sehat dan bisa kamu pilih tergantung kebutuhan kamu. Jus cocok untuk kamu yang sedang diet namun membutuhkan buah atau sayur dan perlu untuk membatasi konsumsi gula. Sedangkan smoothie, cocok untuk kamu yang membutuhkan asupan serat tambahan. Jadi, mana yang kamu pilih?

Baca juga:

Minuman Tradisional Menyehatkan Tubuh, Sudah Coba?

Jajanan Khas Sunda yang Patut Kamu Coba! (Bagian 2)

Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Detoks Media Sosial!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *