Learjet Akan Menghentikan Produksi Pesawat Ikoniknya Tahun Ini

oleh -267 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bombardier, selaku perusahaan induk dari Learjet mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produksi pesawat privatnya yang ikonik. Langkah ini mereka ambil dengan tujuan menghemat biaya karena di nilai kurang menguntungkan saat ini. Dan akan berfokus untuk memproduksi pesawat Challenger dan Global yang menurut mereka lebih menguntungkan. (Zhorif)

Source: Pinterest

Pesawat privat yang dulu populer karena digunakan oleh Frank Sinatra, Marlon Brando dan Dean Martin ini telah terjual sekitar 3.000 unit sejak perilisannya pada 1963. Learjet memiliki dampak yang luar biasa dalam bisnis penerbangan. Namun √Čric Martel, CEO dari perusahaan Bombardier telah membuat keputusan yang sulit untuk mengakhiri produksi dari pesawat ini.

Baca juga: 4 Pesawat Tempur Generasi Ke-5 Terbaik di Dunia

Source: The Wall Street Journal

Tidak hanya itu, Bombardier juga berencana untuk mengurangi pekerja dan pegawainya sebanyak 1.600, sekitar 10% dari total pekerja dan pegawainya. Langkah tersebut terpaksa mereka lakukan karena perusahaan merugi sebanyak 568 juta dolar tahun lalu. Dan juga mereka berharap agar dapat memotong pengeluaran perusahaan sebanyak 400 juta dolar pada tahun 2023.

Source: Skyservice Business Aviation

Walaupun begitu, banyak pengamat penerbangan yang memprediksi penghentian produksi ini cepat atau lambat akan terjadi. Learjet sendiri faktanya memang kalah menguntungkan jika dibandingkan dengan pesawat yang menawarkan ruang lebih luas seperti Challenger dan Global. Belum juga bersaing dengan perusahaan lain seperti Embraer yang menawarkan pesawat privat berukuran sama, namun dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: ALFA-X, Purwarupa Shinkansen Tercepat di Jepang

Source: WIRED

Learjet pada awalnya berfokus dalam performa dan kemewahan. Ketika Frank Sinatra membeli pesawat privat ini pada tahun 1965, sang musisi legendaris ini menggunakannya untuk transit, terutama untuk berpergian dari dan menuju Las Vegas. Sejak itu, Learjet menjadi simbol kekayaan dan kemewahan yang mutlak bagi mereka yang kaya. Namun sayang sekali, kita tidak dapat melihat generasi terbaru dari pesawat ini di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *