Manfaat Frugal Living, Gaya Hidup Cermat dan Hemat!

oleh -167 views
source: fivesensesofliving.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di masa pandemi seperti ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau mendapat penghasilan kurang dari biasanya. Maka dari itu, banyak orang yang mengubah gaya hidup mereka. Pernahkah kamu mendengar apa itu frugal living? Frugal living adalah gaya hidup cermat dan hemat dalam mengelola sesuatu tanpa melupakan value atau nilai dari suatu barang. Manfaat frugal living juga salah satunya mengurangi stres lho. (tika)

Menurut psychology today, satu wawasan yang mendasari gerakan hidup hemat adalah kebanyakan dari total aktivitas ekonomi manusia yang berakhir di tempat pembuangan sampah. Tidak sedikit barang-barang menjadi limbah yang mencemari dan merusak lingkungan. Kali ini kita akan bahas tentang manfaat frugal living.

1. Melatih kedisiplinan

Frugal living bukan hidup pelit ataupun hidup prihatin. Melainkan gaya hidup yang mengusung konsep cermat dan hidup cukup. Melatih kedisiplinan berarti kamu siap hidup dengan pengelolaan keuangan yang ketat. Kamu juga belajar pengendalian diri untuk lebih mementingkan membeli kebutuhan daripada keinginan.

2. Lebih hemat

Konsep utama frugal living yaitu hidup hemat. Manfaat yang akan kamu dapatkan tentunya kamu menjadi lebih hemat terhadap pengeluaranmu. Kamu juga pasti akan lebih mempertimbangkan kualitas barang sebelum membeli. Pengeluaran akan menjadi lebih terencana dan tujuan keuangan yang akan kamu capai juga bisa lebih mudah tercapai.

3. Lebih kreatif

Dengan gaya hidup ini, bisa akan meningkatkan kreativitas kita. Kamu akan memanfaatkan, mencari-cari dan menggabungkan promo, cashback, dan kupon untuk belanja. Kamu juga bisa membuat Do It Yourself yang akan meningkatkan daya kreativitas untuk memenuhi kebutuhanmu daripada membelinya.

4. Mengurangi stres

Tentunya apabila keuanganmu lebih terencana dengan baIK. Kamu tidak akan di repotkan dengan tagihan-tagihan yang membuatmu pusing. Menurut American Psychological Association mengemukakan bahwa masalah uang adalah pemicu stres utama bagi Amerika setiap tahunya. Menjadi hemat bukan berarti tidak pernah merasakan stres, namun ini akan membantumu menjadi lebih baik.

Jadi, frugal living ini pada intinya adalah gaya hidup berdasarkan kecermatan dalam memutuskan pengeluaran sehari-harimu. Dengan pembahasan manfaat frugal living, apakah kamu tertarik mencobanya?

Baca juga :

Tugas Berantakan? Ini 5 Tips Manajemen Waktu

Mengapa Orang Sukses Memakai Pakaian yang Sama?

Kebiasaan Orang Skandinavia, Negara Paling Bahagia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *