Manfaat Mengonsumsi Matcha, Sudah Tahu?

oleh -101 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Beberapa tahun ini, matcha mulai banyak penggemar dari berbagai kalangan. Minuman khas Jepang ini dengan warna hijau yang khas dan rasanya yang unik ternyata banyak manfaatnya lho. Bahkan, matcha adalah salah satu minuman paling sehat di dunia. Cara mengonsumsi matcha sebagai minuman, matcha bisa menjadi  latte, frappe, es krim, cokelat, cake, dan sebagainya. (tika)

Berikut ini manfaat mengonsumsi matcha.

1. Melawan radikal bebas

Matcha mengandung tinggi katekin, yaitu senyawa antioksidan yang mampu membantu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan membantu meningkatkan imunitas, dan mencegah berbagai penyakit. Melansir dari halodoc, Jumlah katekin dalam matcha bahkan 137 kali lebih tinggi dibanding jenis teh hijau lain.

2. Mencegah kanker

source: pinterest

Ada sebuah penelitian mengatakan bahwa tingginya antioksidan pada matcha dapat membantu mencegah kanker. Matcha mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yaitu sejenis catechin yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker. Senyawa ini dapat mencegah dan melawan sel kanker prostat, kulit, paru-paru dan liver.

3. Menjaga kesehatan jantung

Matcha juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini karena formula matcha mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Nah, matcha ini menghambat oksidasi LDL dan menjaga tekanan darah dan melancarkan pembuluh darah. Matcha juga dapat menurunkan level trigliserida dan menurunkan risiko terserang stroke.

4. Meningkatkan fungsi otak

source: pinterest

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa komponen matcha dapat meningkatkan fungsi otak dan kognitif. Melansir dari idntimes, Kandungan kafein dalam matcha lebih pekat daripada teh hijau biasa, yaitu 35 ml per setengah sendok teh. Terdapat pula asam amino L-theanine yang menambah level energi dan mengurangi stres, dengan cara meningkatkan aktivitas gelombang alpha di otak.

5. Menjaga hati dan ginjal

Hati dan ginjal adalah organ dalam yang perlu kita jaga. Penelitian menemukan bahwa matcha mampu menjaga kesehatan hati dan ginjal pada penderita diabetes. Melansir dari halodoc, ada sebuah penelitian pada tikus yang mengidap diabetes selama 16 minggu, matcha diketahui bisa mencegah kerusakan hati dan ginjal.

6. Membuat mood senang

source: pinterest

Selain bermanfaat untuk kesehatan, matcha juga membuat mood merasa lebih baik. Hal ini karena, olahan matcha yang bermacam-macam dan cara penyajian yang unik unik dengan rasa yang lezat. Namun, mengonsumsi matcha yang paling baik adalah dengan minum secara tradisional seperti di Jepang.

Nah, itu manfaat jika kita mengonsumsi matcha, jadi apakah kamu sudah mencobanya?

 

baca juga :

Fast Food VS Slow Food, Mana yang Lebih Baik?

Ini Manfaat Minum Teh Untuk Tubuh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *