Masuk Kedalam Ruangan Tapi Lupa Mau Ngapain? Berikut Penjelasannya

oleh -130 views
doorway effect

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pastinya kamu pernah mengalami ketika masuk kedalam ruangan tapi lupa mau ngapain bukan? Jika kamu pernah mengalami hal tersebut jangan panik dulu sob. Hal tersebut bukan berarti kamu pikun tetapi adalah sebuah fenomena.

Fenomena tersebut dinamakan dengan Doorway Effect yang merupakan fenomena ketika otak akan membentuk memori baru ketika berpindah atau masuk ke ruangan lain.

Fenomena ini memang terkadang sangat menjengkelkan. Namun ternyata, hal ini memanglah normal terjadi. Efek ini akan terjadi ketika kita memasuki ruangan baru dan juga memikirikan hal yang berbeda.

Seperti studi dari University of Notre Dame yang menggambarkan bahwa pintu merupakan ‘batas acara’ sehingga memisahkan antara aktivitas sebelummnya dan selanjutnya.

Fenomena ini memang susah untuk kita hindari karena merupakan efek lingkungan terhadap kinerja otak. Namun walaupun begitu, efek doorway dapat kita minimalisir dengan beberapa hal.

Cara yang pertama adalah coba untuk tetap fokus untuk kamu yang mudah lupa. Hindari untuk melamun dan pusatkan matamu kepada tujuan yang kamu inginkan.

Melatih daya ingat untuk meminimalisir efek ini pun bisa kamu coba dengan cara bermain permainan yang mengasah otak. Contohnya adalah bermain teka-teki, menyusun puzzle atau semacamnya.

Selain itu, dengan membuat catatan juga dapat membantumu agar kamu tetap ingat dengan apa yang ingin kamu lakukan di ruangan selanjutnya.

Meminta tolong kepada seseorang untuk membantumu mengingat sesuatu juga dapat membantumu. Namun, cara yang satu ini hanya berfungsi ketika kamu sedang berada di salah satu ruangan dengan ditemani oleh seseorang.

So, apakah sudah terjawab pertanyaan mengenai :masuk kedalam ruangan tapi lupa mau ngapain?”

Baca artikel selanjutnya Ternyata Ada lho Hewan Prasejarah yang Masih Hidup, Berikut Daftarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *