Menebak Nasib Jurusan Teknik Perminyakan Mendatang

oleh -133 views
Menebak Nasib Jurusan Teknik Perminyakan Mendatang

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seleksi Masuk ke beberapa PTN dan Politeknik di Indonesia sudah mulai dibuka. Melihat data yang ada, rupanya jurusan teknik mendapat perhatian cukup besar dari calon mahasiswa saat ini. Namun bagaimanakah nasib teknik perminyakan. Kali ini kita akan menebak nasib jurusan teknik perminyakan mendatang, Simak informasinya! (jerrell)

Berdasarkan penuturan Yodhia Antariksa, untuk teknik perminyakan, jurusan ini dilihat tidak bisa menjanjikan masa depan cerah seperti dulu. Pasalnya, sumber energi tak terbarukan (non renewable energy sources) bakal ke depan bakal tergeser oleh sumber energi terbarukan.

“Perminyakan itu decline (menurun). Perusahaan minyak raksasa dunia bilang 50-60 tahun lagi minyak tidak akan banyak digunakan. Semua pakai renewable energy sources (sumber energi terbarukan),” ujar Yodhia, Selasa (23/2).

Baca Juga : 4 Universitas Dengan Jurusan Sosiologi Terbaik!

Berbeda dengan sumber energi tak terbarukan, sumber energi terbarukan berasal dari sumber alami berupa matahari, angin, hujan, geothermal (panas bumi) dan biomassa.

Mengutip dari laman Pusat Studi Energi Universitas Gadjah Mada, Indonesia terbilang berlimpah sediaan energi terbarukan seperti angin, geothermal, surya, hydropower (energi dari air) juga biomassa yang meliputi biogas, biofuel padat dan biofuel cair.

Angin, misal, dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin sehingga mampu menghasilkan energi. Menurut Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi (2009), Indonesia punya potensi energi angin mencapai 9.290 MW.

Kemudian geothermal, Indonesia termasuk punya potensi energi menjanjikan dari pemanfaatan panas bumi. Potensi geothermal Indonesia mencapai 27.000 MW.

Hanya saja, hingga tahun lalu kuliah jurusan perminyakan tampaknya masih dianggap ‘kinclong’ oleh calon mahasiswa. Terbukti dari data SBMPTN 2020, jurusan teknik perminyakan masih jadi primadona sehingga persaingan pun makin ketat.

Jadi, bagi kalian yang ingin mengambil jurusan teknik perminyakan, bisa dipertimbangkan lagi untuk 10 tahun dari sekarang ya! Semangat terus menimba ilmu, Sobat!

Sumber : http://cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *