Midnight Sun, Fenomena Matahari yang Bersinar di Malam Hari

oleh -169 views
Source: Pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kalian membayangkan seperti apa jika matahari bersinar di tengah malam? Kejadian ini memang bisa terjadi, bahkan rutin terjadi setiap musim panas di beberapa tempat tertentu. Seperti matahari terbenam dan matahari terbit menjadi satu, Midnight Sun mewarnai langit dalam warna kuning kemerahannya. (Zhorif)

Source: reference.com

Singkatnya, fenomena alam bernama Midnight Sun ini terjadi karena bumi berotasi pada sumbu miring yang relatif terhadap matahari. Selama musim panas terutama di negara utara, Kutub Utara bersiku ke arah matahari. Oleh karena itu, selama beberapa minggu atau bahkan selama musim panas berlangsung, matahari tidak akan terbenam ataupun terbit.

Baca juga: Northern Lights, Pillar Cahaya yang Menawan di Utara

Source: Visit Nord-Norge

Kurang lebih sama seperti fenomena Northern Lights, Midnight Sun hanya terjadi pada negara-negara dalam Arctic Circle. Seperti Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Russia. Svalbard, yang merupakan bagian dari Norwegia mengalami fenomena ini dengan durasi terlama. Yakni mulai dari 20 April sampai dengan 22 Agustus.

Source: KuKu Campers

Saat Midnight Sun terjadi, matahari seakan-akan berputar mengelilingi kita secara horizontal. Selain itu, jam menjadi alat yang sangat berguna untuk menunjukan waktu, karena kita tidak bisa mengira-ngira jam dari letak matahari. Walaupun terjadi setiap tahun, faktanya bahkan warga lokal sendiri sering terkecoh karena posisi matahari yang membingungkan.

Baca juga: Fjord, Lembah Indah Dengan Perairannya yang Dalam

Source: Ayres Adventures

Seperti yang telah di jelaskan, fenomena ini hanya dapat kita rasakan di negara-negara dalam Arctic Circle. Selain Svalbard, kita juga dapat menikmatinya di Hammerfest, Helgeland, Lofoten, Tromsø, dan masih banyak lainnya. Fenomena unik ini merupakan pemandangan yang yang tidak lazim, namun justru itulah yang membuat Midnight Sun sangat indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *