Minuman Tradisional Menyehatkan Tubuh, Sudah Coba?

oleh -169 views
source: resepanekakuelapis.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki kekayaan rempah-rempah yang banyak kita gunakan sebagai bahan untuk makanan atau obat. Selain makanan dan obat-obatan, rempah-rempah juga bisa kita ubah menjadi minuman lho. Setiap daerah memiliki minuman khas nya masing-masing yang berasal dari rempah-rempah ini. Kira-kira apa saja ya minuman tradisional yang menyehatkan tubuh?(tika)

Berikut ini minuman tradisional yang menyehatkan tubuh dan rasanya yang segar dan enak.

1. Bajigur

Bajigur adalah minuman khas sunda yang biasa di minum sebagai penghangat tubuh dan cocok kita minum saat cuaca dingin atau saat hujan. Biasanya bajigur ditemani bersama camilan seperti kacang rebus, ubi rebus, gorengan dan lain sebagainya. Saat ini banyak di temukan di warung warung bajigur instan. Namun, menikmati bajigur aslinya lebih nikmat.

2. Bir Pletok

Selanjutnya ada minuman dari Betawi namanya bir pletok. Walaupun namanya bir, minuman ini tidak mengandung alkohol ya. Justru aman dan bisa menghangatkan tubuh. Rasa bir pletok ini awalnya pedas, namun lama kelamaan bir pletok menjadi hangat di badan. Minuman ini mengandung vitamin dan antioksidan yang berasal dari rempah-rempah.

3. Bandrek

Jika kamu sibuk untuk menyelesaikan pekerjaan yang banyak, cobalah untuk minum bandrek. Minuman khas Jawa Barat ini di percaya dapat menambah stamina dan tenaga. Bandrek juga cocok untuk kalangan anak muda sampai orang tua. Penyajiannya pun bervariasi, bisa hangat atau bisa juga kita tambahkan es. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

4. Sarabba

Minuman kaya rempah dari nusantara selanjutnya adalah sarabba. Minuman yang berasal dari Makassar ini dapat memulihkan stamina, karena terdapat kuning telur di dalamnya. Sarabba cocok di minum untuk mencegah flu, masuk angin, atau menjadi teman saat begadang di malam hari. Untuk kamu yang ingin mencoba kamu juga bisa membuat sendiri karena bahan baku yang mudah didapatkan.

5. Wedang ronde

Wedang ronde adalah minuman yang di dalamnya terdapat bola-bola berbahan dasar tepung ketan yang di dalamnya terdapat bubuk kacang tanah. Hal inilah yang di namakaan ronde atau di China bernama tangyuan. Minuman yang berasal dari Jawa Tengah sering di hidangkan pada saat festival lampion.

Nah, itulah minuman tradisional yang menyehatkan tubuh. Jadi, mana yang pernah kamu coba?

Baca juga:

Jajanan Khas Sunda yang Patut Kamu Coba! (Bagian 2)

5 Hobi Ini Bikin Kamu Jadi Cerdas!

Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Detoks Media Sosial!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *