Raja Bagdemagus, Ksatria Sekaligus Raja dalam Legenda Arthurian

oleh -320 views
Bagdemagus

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagdemagus adalah karakter dalam legenda Arthurian, biasanya digambarkan sebagai raja negeri Gorre dan Ksatria Meja Bundar. (sno)

Asal Usul Bagdemagus

Dia menggambarkan ayah dari ksatria Maleagant dalam literatur, yang menculik istri Raja Arthur, Ratu Guinevere dalam beberapa versi populer.

Bagdemagus pertama kali muncul dalam sumber-sumber Prancis, tetapi karakter tersebut mungkin telah berkembang dari tradisi penculikan Guinevere di Welsh sebelumnya, sebuah evolusi yang disarankan oleh penggambaran dunia lain yang khas dari wilayahnya.

Dalam kebanyakan versi, dia digambarkan sebagai saudara dan sekutu Arthur dan raja yang bijaksana dan berbudi luhur, terlepas dari tindakan putranya.

Lancelot Chr├ętien de Troyes

Karakter ini pertama kali disebutkan pada abad ke-12 di Lancelot Chr├ętien de Troyes, Knight of the Cart, dia adalah raja Gore, tanah misterius yang terhubung ke Logres hanya dengan jembatan setajam pedang, di mana banyak penduduk asli Logres disimpan sebagai tahanan sekali lagi, putranya Meleagant menculik Guinevere, yang kemudian diselamatkan oleh Sir Lancelot.

Sedangkan dalam romansa Sone de Nansai, Raja Baudemagus dikatakan sebagai ayah Meleagan, dan putra Tadus.

Le Morte d’Arthur

Dalam Le Morte d’Arthur karya Thomas Malory, hubungan antara Bagdemagus dan “Sir Meleagraunce” menghilang. Sedangkan Bagdemagus hanyalah kesatria pemberani dari Meja Bundar. Dia secara tidak sengaja dibunuh oleh Gawain di sebuah turnamen.

Source: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.