Raja Urien, Pernikahan Morgan le Fay dalam Legenda Arthurian

oleh -167 views
Urien

ZETIZEN RADAR CIREBON – Raja Urien adalah raja Rheged pada akhir abad ke-6, sebuah kerajaan Inggris awal dari Hen Ogledd (Inggris utara dan selatan Skotlandia). (sno)

Arthurian

Raja Urien tetap menjadi tokoh populer di Wales selama berabad-abad, dan dia dan putranya Owain dimasukkan ke dalam legenda Arthurian saat menyebar dari Inggris ke benua Eropa.

Lihat juga: Sir Hoel, Pemimpin Dinasiti Cornouaille dalam Legenda Arthurian

Kerajaannya akhirnya dipindahkan ke tanah mitos Gore, dan Raja Lot dari Lothian dan Auguselus dari Skotlandia kadang-kadang dikatakan sebagai saudara laki-lakinya. Selama masa pemerintahan Uther Pendragon ia menikahi saudara perempuan Arthur.

Dia, seperti raja-raja di beberapa negeri lain, awalnya menentang aksesi Arthur ke tahta setelah kematian Uther. Urien dan yang lainnya memberontak melawan raja muda, tetapi setelah kekalahan mereka, para pemberontak menjadi sekutu dan pengikut Arthur.

Penikahan Morgan

Dalam legenda, pernikahannya dengan Morgan tidak digambarkan sebagai pernikahan yang bahagia. Namun, seperti dalam satu cerita, Morgan berencana untuk mengambil Excalibur, membunuh Urien dan Arthur. Kemudian menempatkan dirinya dan kekasihnya Accolon di atas takhta.

Lihat juga: Raja Leodegrance, Ayah dari Ratu Guinevere dalam Legenda Arthurian

Dia selalu dikatakan sebagai ayah dari Ywain (Owain), dan banyak teks memberinya anak kedua, Ywain the bastard, ayah dari istri seneschal-nya. Tradisi Welsh menghubungkannya dengan seorang putri bernama Morfydd.

Source: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *