Road Train, Tulang Punggung Pedalaman Australia

oleh -114 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pedalaman Australia adalah dataran yang sangat megah. Karena pedalaman ini sangat tandus, terpencil dan luas, banyak muatan cargo yang diangkut melalui jalan. Dan Australian Road Train adalah cara terbaik dalam mengangkut muatan yang sangat banyak dalam sekali jalan. (Zhorif)

Source: Commercial Motor

Pedalaman ini sepenuhnya bergantung pada transportasi yang membawa muatan-muatan. Karena jarang terdapat akses melalui pesawat ataupun kereta. Bahkan truk biasa pun tidak cukup untuk membawa muatan tersebut, bahkan perlu berkali-kali putar balik dan tidak efisien. Road Train merupakan transportasi paling efektif untuk meraih kota terpencil di pedalaman Australia.

Baca juga: Alat Berat Terbesar di Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

Source: Scania

Dengan kombinasi 3 sampai 5 semi-trailer, satu Road Train dapat mencapai panjang 50 sampai 60 meter dan berat 80 sampai 220 ton. Dengan muatan sebanyak itu, ular besi jalanan ini paling sering membawa hasil pertambangan, komoditas umum, minyak atau bensin, kendaraan berat, sampai ternak hidup yang vital bagi mereka yang tinggal di pedalaman Australia.

Source: Pinterest

Mengendarai Road Train tidaklah semudah mengendarai truk biasa. Selain tentunya memerlukan keahlian khusus, kita juga harus siap menjadi mekanik dadakan seandainya terjadi masalah di antah berantah. Berbagai tantangan lainnya yang akan dihadapi ialah medan jalanan yang keras, cuaca panas ataupun hujan yang sama berbahayanya, hewan yang tiba-tiba menyebrang, sampai kebakaran besar khas Australia.

Baca juga: SSC Tuatara Pecahkan Rekor Sebagai Mobil Tercepat di Dunia

Source: Reddit

Australian Road Train adalah sesuatu yang ikonik pada pedalaman Australia yang indah, bahkan pada mata dunia. Para supir berjasa yang bisa dibilang mempertaruhkan nyawanya dan truk sepanjang kereta ini merupakan tulang belakang dari pedalaman Australia. Karena tanpanya, pedalaman tersebut hanya akan menjadi dataran raksasa yang sangat susah untuk ditinggali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *