Sejarah Scania, Perusahaan Truk dan Bus Premium Asal Swedia

oleh -888 views
Source: Scania

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi mereka yang mengerti truk dan bis, pasti mengetahui perusahaan yang bernama Scania. Inovasi berkelanjutan perusaaan otomotif ini telah membuatnya menjadi salah satu produsen truk dan bis yang diakui dunia. Berikut adalah sejarah perusahaan Scania. (Zhorif)

Source: Scania

Sejarah Scania di mulai dari Gustaf Erikson, yang mendesain mesin untuk mobil. Pada tahun 1897, Gustav yang saat itu berkerja untuk Vagnfabriks Aktiebolaget i Södertelge atau di singkat Vabis ini berhasil menciptakan mobil bermesin pertama di Swedia. Namun sayangnya, perusahaan Vabis tidak mencapai keuntungan yang di harapkan dan merugi seiring waktu.

Baca juga: Scania 770hp V8, FlagshipKing of the Road” Terbaru Scania

Source: Scania

Surahammars Bruk, yang merupakan pendiri Vabis berusaha menjual perusahaannya atau terancam di tutup. Di saat yang bersamaan, perusahaan otomotif Maskinfabriks-aktiebolaget Scania memerlukan partner dan modal untuk membangun fasilitas produksi. Kedua perusahaan pun bersatu menjadi Scania-Vabis pada tahun 1911, dan mulai memproduksi truk, bis, dan kendaraan pribadi.

Source: Nord News

Sejak itu, Scania (nama Vabis di hilangkan karena di anggap terlalu panjang) berinovasi dengan menciptakan truk dan bis berkualitas tinggi yang efisien. Bahkan mendapatkan penghargaan International Truck of the Year dua kali, yakni pada 1989 dan 1996. Perusahaan Swedia ini juga melebarkan sayapnya dengan mengekspor produknya dan membuka pabrik di negara-negara lain.

Baca juga: 5 Series Truk yang di Tawarkan Scania Serta Penjelasannya

Source: Scania

Sejak berdirinya pada 1981, Scania telah mengalami berbagai krisis keuangan dan upaya hostile take-over. Walaupun begitu, perusahaan yang berpusat di Södertälje ini tetap bertahan sampai sekarang, namun tidak lagi memproduksi kendaraan pribadi. Bahkan September kemarin, Scania mengumumkan produk terbarunya. Yakni Scania S-Series dan XT-Series dengan mesin V8 bertenaga 770hp (3,700Nm). Mengalahkan Volvo FH16 750 sebagai truk bertenaga tertinggi di Eropa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.