Sir Hoel, Pemimpin Dinasiti Cornouaille dalam Legenda Arthurian

oleh -163 views
Sir Hoel

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hoel juga dikenal sebagai Sir Howel dan Saint Hywel, adalah anggota dinasti yang berkuasa akhir abad ke-5 dan awal abad ke-6 dari Cornouaille.

Sejarah Hoel

Sir Hoel adalah putra Budic II, raja Cornouaille di barat laut Brittany. Untuk semua atau sebagian besar masa kanak-kanaknya, seorang sepupu yang merebut memerintah menggantikan Budic dan keluarganya tinggal di pengasingan. Dalam pengasingan tersebut bersama Aergol Lawhir, raja Dyfed di Inggris sub-Romawi.

Dia dikreditkan dengan yayasan Llanhowell (sekarang di Llanrhian) selama waktu ini dan, sebagai “Saint Hywel”, dipuja oleh sekte lokal sebagai santo pelindungnya.

Keluarga itu akhirnya dikembalikan ke rumah mereka di Cornouaille, di mana Hoel mungkin pernah memerintah bersama ayahnya.

Lihat juga: Raja Leodegrance, Ayah dari Ratu Guinevere dalam Legenda Arthurian

Pemimpin Cornouaille

Dia mungkin telah memerintah Cornouaille bersama setelah pemulihan ayahnya, Budic II dari Brittany. Tetapi dia tampaknya telah meninggalkan ayahnya dan meninggalkan putranya yang masih kecil, Tewdwr, sebagai pewaris Budic.

Kematian

Dia meninggal tak lama sebelum dia mewarisi takhta, bagaimanapun, dan upaya Budic untuk meminta dukungan tetangganya Macliau untuk suksesi putra Hoel Tewdwr berakhir buruk. Setelah kematian Budic, Macliau menyerbu dan bocah itu diasingkan

Mitologi Welsh

Hywel muncul dalam mitologi Welsh dan Matter of Britain sebagai “raja Brittany”. Seorang kerabat Arthur, dia adalah salah satu sekutunya yang paling setia (atau, terkadang, ksatria) dan dikatakan telah membantunya menaklukkan “Gaul” (Prancis utara).

Source: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *