Susah Bangun Pagi? Tips ini Harus Kamu Coba!

oleh -148 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu kesulitan bangun pagi? Kalau iya, mungkin salah satu alasannya karena kita sudah lama di rumah saja, keseringan begadang. Alasan itu menyebabkan jam tidur yang berantakan. Bagaimana sih caranya agar tidak sulit bangun pagi dan apa saja tips bangun pagi? (tika)

Berikut ini beberapa tips bangun pagi.

1. Ketahui jam tidur yang kamu butuhkan

Yang pertama, kamu harus tahu berapa lama waktu tidur yang kamu butuhkan, Orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam sehari. Namun, setiap orang berbeda-beda ada yang hanya 6 jam cukup atau ada juga yang 7 jam kurang. Setelah kamu sesuaikan yang tepat kemudian tetapkan jam berapa harus tidur dan kapan harus bangun.

2. Jauhkan smartphone dari jangkauan

Seringkali kita selalu menggenggam smartphone kita dari pagi sampai malam lagi. Kalau bisa jauhkan smartphone sebelum tidur. Cobalah untuk mengganti kebiasaan scrolling sebelum tidur. Kamu bisa mencoba membaca buku dan jangan lupa untuk mematikan lampu. Hal ini karena cahaya terang dari lampu dapat mengurangi dan memperlambat melatonin, yaitu hormon yang membantu kita mengantuk.

3. Meditasi

Ketika kamu kesulitan untuk tidur tepat waktu. Kamu bisa mencoba rutin meditasi, cara ini membantu untuk meningkatkan kualitas tidur. Meditasi juga dapat membantu kamu menjadi lebih rileks dan tenang sehingga kamu bisa tidur tepat waktu dan bangun pagi sesuai jadwal yang kamu tetapkan.

4. Atur Pola Makan

Pola makan yang sehat dapat membantumu menjaga kualitas tidur dan meningkatkan energi. Sedangkan makanan yang tinggi akan lemak jenuh dan makanan yang tidak sehat dapat menguras energi. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari tahu asupan yang tepat untuk tubuhmu. Makan dengan pola yang bergizi seimbang seperti buah, sayur, vitamun dan lain sebagainya.

5. Evaluasi jam tidur setiap minggu

Setelah kamu mencoba dan melatih kebiasaan bangun pagi lagi, jangan lupa untuk mengevaluasi jam tidur kamu. Usahakan untuk konsisten pada jadwal yang telah kamu tetapkan, apakah metode yang kamu pakai efektif atau tidak. Jika tidak, kamu bisa mengubah metodenya dan cari metode yang paling tepat untuk kamu. Bila sudah menemukan, jangan lupa lakukan secara rutin agar menjadi kebiasaan.

Itu 5 tips yang bisa kamu coba agar kamu bisa melakukan bangun pagi dan merasakan manfaatnya.

 

Baca juga :

Ternyata Ini Manfaat Bangun Pagi yang Perlu Kamu Tahu!

Tubuh Terasa Lelah Saat Bangun Tidur, Ini Alasannya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *