Ternyata Ini Manfaat Minum Air pH Tinggi!

oleh -176 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pasti kamu pernah mendengar atau bahkan seringkali minum air ph tinggi atau air alkali. Air alkali yang memiliki pH tinggi banyak yang menganggap lebih baik daripada air minum biasa. Beberapa orang juga percaya bahwa air kadar pH tinggi dapat menyebmbuhkan berbagai macam penyakit. Nah, daripada kita bingung yuk bahas manfaat minum air pH tinggi. (tika)

1. Membantu menghidrasi tubuh

Melansir dari hellosehat, ada sebuah studi dalam Journal of The International Society of Sports Nutrition tahun 2016, tingkat kekentalan darah pada orang yang meminum air pH tinggi cenderung menurun hingga 6,3 persen daripada orang yang meminum air biasa. Darah yang kental diartikan tidak mengandung cukup air. Semakin kental darah seorang, maka aliran darah semakin lambat. Nah, orang yang minum air alkali akan memiliki darah yang lebih cair. Darah yang lebih cair akan lebih mudah mengalir ke seluruh tubuh. Hal inilah alasan bahwa jika minum air alkali akan membantu menghidrasi tubuh dan melancarkan aliran tubuh.

2. Menjaga kesehatan tulang

Ternyata minum air mineral pH tinggi dapat membantu menjaga kesehatan tulang lho! Para ahli mengatakan bahwa air mineral pH tinggi memiliki kandungan bikarbonat dan kalsium. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menghambat proses resorpsi tulang sehingga tulang menjadi lebih sehat dan kuat. Resorpsi tulang yaitu suatu proses pemecahan sel-sel tulang yang lama kemudian akan menjadi sel tulang baru. Namun, bukan berarti minum air alkali dapat mencegah osteoporosis. Para ahli masih terus meneliti dan menganalisis lebih lanjut.

3. Menjaga keseimbangan pH dalam tubuh

Manfaat minum air pH tinggi yang selanjutnya adalah menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Kandungan pH basa ini dapat membantu kamu yang sering sakit kepala, mual atau muntah karena dehidrasi. Ada sebuah studi yang melibatkan 38 peserta yang terbagi menjadi 2 kelompok, kelompok yang minum air alkali dan minum air biasa. Kemudian, para ahli mengambil sampel urine untuk pengukuran kadar asam-basanya. Hasilnya, peserta yang minum air alkali memiliki kadar asam-basa yang lebih seimbang daripada peserta yang minum air biasa.

Nah, itulah manfaat jika kita minum air alkali atau air yang memiliki pH tinggi. Secara umum, air alkali aman untuk kita konsumsi. Namun, harus dengan kadar yang cukup dan tidak berlebihan ya. Karena air alkali juga memiliki efek sampingnya. Untuk lebih amannya, kamu bisa berkonsultasi ke dokter ya.

 

Baca juga:

Ini Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari!

Ini Manfaat Minum Teh Untuk Tubuh!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *