Toxic People: Kenali Cirinya dan Waspadai!

oleh -116 views
Toxic People: Kenali Cirinya untuk Waspada

ZETIZEN RADAR CIREBON- Apakah kamu pernah mendengar istilah toxic people? Toxic people atau orang yang ‘beracun’ adalah orang yang senang menyusahkan dan merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional. Kira-kira apa saja sih ciri orang pengidap toxic people yang harus sobat ketahui? Berikut penjelasannya. (arfan)

1. Hanya Mau Senang Sendiri

Salah satu ciri yang bisa sobat rasakan adalah mereka nggak ada saat sobat membutuhkannya. Namun, mereka selalu memaksa sobat untuk menolong mereka saat mereka sedang kesusahan. Tidak sampai di situ saja, jika mereka memang telah membantu, hal tersebut akan mereka bahas dan ungkit terus-menerus.

Baca juga: Mengenal Fakta Unik Saraf dalam Tubuh Manusia

2. Sering Merendahkan

Apapun kesuksesan atau keberhasilan yang sobat punya, toxic people akan selalu merendahkan dan membuat sobat kesal. Ketika ia tahu bahwa sobat berhasil dan mendapat suatu pencapaian, ia secara tidak langsung akan membanding-bandingkan secara negatif dengan orang lain atau dirinya sendiri, atau bahkan menjatuhkanmu.

3. Nggak Mau Mengakui Kesalahan

Selain menyebalkan dan merugikan, mereka nggak bisa minta maaf, meski mereka sudah jelas-jelas salah. Mereka akan menganggap orang lain adalah sebab dari kesalahan yang ia lakukan.

Dalam banyak kasus, mereka mencoba untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain tetapi sebenarnya untuk mencapai tujuan mereka sendiri, mereka mencoba untuk memperoleh simpati dan perhatian dengan cara berpura-pura sebagai korban alias play victim.

4. Nggak Berempati dan Bersimpati

Jangan mengharapkan orang negatif untuk sepenuhnya memahami diri sobat. Toxic people merupakan salah satu ciri orang yang nggak bisa mengerti dan memahami kondisi orang lain. Misalnya sobat sedang menceritakan masalah sendiri. Bukannya mendukung dan menghibur, mereka mungkin justru sibuk menghakimi dan menyalahkan sobat.

Itu dia 4 ciri toxic people yang harus kalian waspadai. Setelah membaca empat poin di atas, kamu bisa lebih memperhatikan orang-orang di sekelilingmu. Mereka bisa saja ada di sekitarmu yang dapat menularkan ‘racunnya’ dan kamu terjerat dalam racun tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *