Tugas Berantakan? Ini 5 Tips Manajemen Waktu

oleh -201 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu merasa 24 jam terasa kurang dan tugas masih menumpuk? Padahal setiap orang memiliki waktu dalam sehari semalam yang sama. Namun, ada orang yang bisa produktif dan tepat waktu dalam menyelesaikan tugas dan ada juga orang yang kewalahan dan di kejar-kejar deadline. Nah, bagi kamu yang memiliki tugas berantakan, ini 5 tips manajemen waktu yang bisa membantu kamu lebih produktif setiap harinya. (tika)

1. Hentikan kebiasaan menunda

Mana nih kamuu yang suka menunda pekerjaan atau prokrastinasi. Secara psikologis, manusia memang suka menunda. Orang-orang akan terasa lebih semangat saat mengerjakan pekerjaan yang mendekati tenggat daripada mengerjakan jauh jauh hari atau istilahnya ‘The Power of Kepepet’. Kebiasaan ini harus kamu kurangi karena bisa berpengaruh kepada kondisi tubuhmu dan membuat banyak rencana yang tidak selesai.

2. Membuat jadwal

Tips manajemen waktu selanjutnya adalah membuat jadwal. Cobalah kamu buat jadwal yang akan kamu lakukan dan pekerjaan apa saja yang harus di selesaikan. Banyaknya pekerjaan yang terlalu banyak membuat kamu kewalahan dan seringkali membuat kita lupa. Kamu bisa menulis di jurnal atau bisa juga kamu tulis di catatn ponsel.

3. Membuat prioritas

Setelah kita tahu apa saja yang akan kita selesaikan, kamu juga bisa membuat prioritas. Kamu bisa membuat tabel menjadi 4 bagian, yaitu terdiri dari hal yang penting dan mendesak, penting dan tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, yang terakhir tidak penting dan tidak mendesak. Kamu bisa mencoba menyelesaikan dari hal yang penting dan mendesak.

4. Berani mengatakan “Tidak”

Hal yang seringkali kita lakukan yaitu membuang waktu dengan aktivitas yang tidak terlalu penting. Terkadang kita juga tidak berani mengatakan tidak kepada orang karena merasa tidak enak. Hal ini kadang membuat rugi dan tidak mendapatkan apa-apa. Belajarlah untuk berani mengatakan tidak dan berkomitmen pada dirimu sendiri tentang setiap kegiatan agar tidak sia-sia.

5. Hindari mulititasking

Melakukan secara multitasking memang terasa lebih produktif karena banyak hal yang kita lakukan dalam satu waktu. Namun, melakukan dalam waktu yang bersamaan membuat kita tidak fokus dan mendapat hasil yang tidak optimal. Menurut penelitian, apabila seseorang melakukan tugas satu ke tugas lain lebih dari 10 kali dalam sehari akan berpotensi membuat kinerja otak menurun.

Itulah 5 tips manajemen waktu yang bisa kamu terapkan dalam sehari-hari. Cobalah untuk belajar menempatkan pekerjaan mana yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu.

Baca juga:

5 Tips Mengatasi Overthinking Untukmu!

Ini Alasan Mengapa Self-love Itu Penting!

5 Hobi Ini Bikin Kamu Jadi Cerdas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *