Union Pacific, Sejarah Perusahaan Kereta Api yang Membangun Amerika

oleh -143 views
Source: FreightWaves

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mulai dari membangun jalur kereta api lintas benua, sampai sekarang di mana perusahaan ini menjadi salah satu penggerak ekonomi negara. Union Pacific memiliki sejarah panjang dalam perkereta apian Amerika Serikat. Berikut adalah sejarah Union Pacific Railroad, perusahaan kereta api yang membangun Amerika. (Zhorif)

Source: Wikipedia

Didirikan pada tahun 1862, Union Pacific Rail Road adalah bagian dari proyek jalur kereta api lintas benua di Amerika. Proyek yang di setujui oleh Presiden Abraham Lincoln ini di mulai dari Omaha ke Sacramento atau sebaliknya. Pembangunan ini membuat sukses perusahaan yang di dirikan oleh Thomas C. Durant ini, sampai skandal Crédit Mobilier terjadi.

Baca juga: ALFA-X, Purwarupa Shinkansen Tercepat di Jepang

Source: Deseret News

Skandal di mana petinggi dan eksekutif perusahaan memanipulasi biaya pembangunan tersebut membuat perusahaan terlilit hutang. Meskipun demikian, pada tahun 1897 perusahaan kereta ini di organisir di bawah pimpinan Edward H. Harriman. Yang bertanggung jawab atas berbagai improvisasi, sehingga mengembalikan nama baik perusahaan dan turut berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Amerika Serikat.

Source: RailPictures.Net (Chris Zygmunt)

Sejak itu, Union Pacific tidak hanya berfokus dalam ekspansi, namun juga improvisasi secara internal. Perusahaan kereta yang sekarang menguasai jaringan rel sepanjang sekitar 51,700 kilometer ini mengangkut berbagai muatan yang vital bagi negara. Seperti intermodal, biji-bijian, minyak, bahan konstruksi, bahan kimia, alat berat, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Perlintasan Kereta Api Terindah di Dunia

Source: RailPictures.Net (Amtrakdavis22)

Saat ini, Union Pacific bisa di bilang menjadi perusahaan kereta api domestik terbesar di Amerika Serikat. Menguasai hampir semua jaringan rel di bagian barat negara, perusahaan kereta ini bertanggung jawab atas dua pertiga ekspedisi muatan berbasis rel di Amerika. Sesuai motonya, “Building America” sejak 1862 sampai sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *