,

Yuk, Kenalan dengan Istilah Plot dalam Sebuah Cerita

oleh -135 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Plot telah menjadi salah satu istilah yang umum dan familiar. (angga)

Tidak hanya sebuah istilah kosong, istilah yang biasanya muncul dalam cerita yang tertulis dalam buku dan film ini memiliki arti tersendiri lho sob.

Meski telah menjadi istilah atau kata yang familiar, ternyata banyak orang yang belum mengetahui arti dari kata dan istilah ini lho sob.

Nah, Kali ini Zetizen Cirebon akan mengupas arti dari istilah Plot yang terdapat dalam cerita, yuk simak infonya berikut ini.

Baca Juga : 5 Jurusan Kuliah Paling Populer dalam Dunia Kerja

ARTI DAN DEFINISI PLOT

Dok.Zetizen Cirebon

Dalam situs KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Plot memiliki arti jalan (alur) cerita (dalam novel, sandiwara, dan sebagainya).

Sedangkan Alur merupakan sebuah struktur rangkaian kejadian-kejadian dalam sebuah cerita yang telah tersusun secara kronologis.

Dengan mengetahui artinya, sobat dapat menyimpulkan bahwa Plot atau alur adalah struktur rangkaian kejadian dalam cerita yang tersusun sebagai urutan bagian-bagian dalam keseluruhan fiksi.

JENIS JENIS ALUR / PLOT

DOK.ZETIZEN CIREBON

1. Alur Maju

Alur Maju merupakan alur yang menyuguhkan dan menampilkan cerita dengan kronologis.

Maksud dari kronologis sendiri ialah menampilkannya sesuai dengan kronologi dan bertahap.

Tahapan itu sendiri terdiri dari Tahap Awal, Tahap Tengah, dan Tahap Akhir.

2. Alur Mundur

Alur seperti ini biasanya dapat sobat temukan dalam film yang berlatar masa lalu dan menuju pada masa depan, namun sobat telah mengetahui akhir dari film tersebut.

3. Alur Campuran

Melansir dari situs gurupendidikan, Alur campuran adalah suatu alur yang diawali dengan klimaks dari cerita, yang kemudian melihat lagi masa lalu atau masa lampau dan diakhiri dengan sebuah penyelesaian dari cerita tersebut. 

Setelah mengetahui arti, definisi, dan macam-macam alur cerita atau Plot, tentunya sobat akan lebih mudah untuk memahami alur dalam sebuah cerita, baik dalam buku, maupun dalam film.

Baca Lagi : Suka Sastra? Inilah Penyair Legendaris Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *