4 Presiden Amerika Serikat yang Tewas Tertembak saat Masih Menjabat

oleh -355 views
Presiden Amerika Serikat yang Tewas Tertembak

ZETIZEN RADAR CIREBON- Menjadi seorang kepala negara pastinya bukanlah perkara mudah. Selain harus mengurus satu negara, menjadi kepala negara pun harus berani karena harus melawan penyerangan ataupun pembunuhan. Seperti presiden Amerika Serikat yang tewas tertembak saat menjabat satu ini. (fb)

Baca juga: Gunung Berapi Islandia Erupsi setelah 900 tahun Tertidur

Abraham Lincoln

Pembunuhan Abraham Lincoln - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Source by Wikipedia

Presiden Amerika Serikat yang tewas tertembak pertama adalah Presiden ke-16 yakni Abraham Lincoln. Abraham Lincoln menjadi Presiden Amerika yang tewas karena sebuah tembakan. Kejadian tersebut pun menimpanya pada 14 April 1965 di  Teater Ford, Washington DC.

Ia tertembak dari belakang saat sedang menyaksikan drama Our American Cousin oleh aktor pendukung konfederasi, John Wilker Booth. Sebenarnya ia telah mendapatkan perawatan yang sangat baik. Namun, karena tembakan mengenai bagian tubuh yang vital, ia meninggal keesekoan harinya.

James Abram Garfield

Pembunuhan James A. Garfield - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia  bebas
Source by Wikipedia

Selanjutnya ada James Abraham Garfield yang merupakan Presiden Amerikia Serikat ke-20. Ia menjabat sebagai Presiden Amerika mulai 4 Maret 1881. Namun, tidak berselang lama tepatnya empat bulan kemudian. Seorang pengacara bernama Charles J. Guiteaun menembaknya di  stasiun Baltimore & Potomac, Washington DC. 

Guiteau dua kali menembak Garfield. Tembakan pertama mengenai lengan kanan dan tembakan kedua mengenai punggung Garfield. Setelah 11 minggu dalam perawatan, Garfield pun tewas karena komplikasi dan infeksi.

William McKinley

Pembunuhan William McKinley - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Source by WIkipedia

Tidak hanya sampai situ, Presiden Amerika Serikat ke-25 William McKinley pun mengalami nasib buruk seperti Presiden terdahulunya.

Ketika ia sedang menghadiri pameran Pan-American di Buffalo, New York, seorang anarkis bernama Leon Czolgosz Frank menembaknya dan mengenai Mckinley dengan dua tembakan. Delapan hari kemudian ia pun menghembuskan nafas terakhirnya.

John Fitzgerald Kennedy

Kronologi Pembunuhan Presiden AS John F Kennedy pada 55 Tahun Lalu..  Halaman all - Kompas.com
Source by Kompas Internasional

Presiden Amerika yang tewas karena insiden penembakan yang terakhir adalah John Fitzgerald Kennedy atau yang biasa orang sebut dengan John F. Kennedy. Tragedi pembunuhan Presiden ke-35 Amerika Serikat ini merupakan sebuah tragedi yang paling diingat sepanjang sejarah.

Ia ditembak oleh seorang mantan Marinir Amerika bernama  Lee Harvey Oswald. Ia tertembak ketika berada dalam konvoi kendaraan terbuka pada 22 November 1963 di Dallas, Texas. Sebuah peluru pun melesat mengenai kepalanya yang membuat ia terbunuh sekitar 30 menit setelah penembakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.