5 Cara Membangun Sistem Imun Tubuh Agar Tahan Penyakit!

oleh -192 views
Foto : Ilustrasi Menolak Penyakit

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sistem imun merupakan salah satu faktor pendukung utama ketika masa Pandemi COVID-19. Jika Sobat memiliki sistem imun yang baik, maka akan membuat tubuh akan sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Tentunya membangun sistem imun yang baik tidaklah sembarangan. Berikut ini 5 Cara Membangun Sistem Imun Tubuh Agar Tahan Penyakit! (jerrell)

1. Jangan merokok

Berhentilah merokok. Kandungan zat berbahaya dalam rokok bisa membuat sistem daya tahan tubuh kita melemah. Asap rokok mengandung tar dan zat kimia lain yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, bagian ini tidak bisa bekerja maksimal untuk melawan infeksi yang masuk. Hal ini membuat Sobat lebih rentan terkena berbagai penyakit bahkan yang ringan sekali pun.

Melemahnya sistem kekebalan tubuh juga membuat Sobat menjadi lebih rentan terkena penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis atau rematik.

2. Berhenti mengonsumsi alkohol

Minum alkohol secara berlebihan justru dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena mengganggu saluran pencernaan dan menyebabkan peradangan hati. Penting untuk dipahami bahwa mengonsumsi alkohol dalam jumlah berapapun berbahaya bagi tubuh.

3. Tidur yang cukup

Tubuh memerlukan waktu membangun kekuatan untuk mengatasi peradangan dan infeksi selama kita tidur. Durasi tidur memang berbeda bagi setiap orang. Perlu diketahui bahwa kita memerlukan tidur 6-8 jam sehari.

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kemampuannya untuk menciptakan antibodi dan sel-T, yakni sel darah putih yang membantu tubuh melawan penyakit.

Malas berolahraga akan membuat tubuh hanya menghasilkan antibodi yang sedikit. Maka dari itu, luangkan sedikit waktu yang kamu punya untuk berolahraga ya. Kamu bisa juga berjalan kaki 20 menit saja. Berjalan kaki selama 20 menit dalam lima hari seminggu dapat membantu sistem kekebalan tubuh agar bekerja sebaik mungkin.

5. Makan buah dan sayur

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran dan buah tentunya dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Dengan begitu, daya tahan tubuh pun ikut terjaga dan terhindar dari infeksi penyakit.

Pastikan juga proporsi antara karbohidrat, protein, sayur dan buah seimbang. Kurangi juga kebiasan buruk seperti tingkat stress yang tinggi, yang akhirnya lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *