5 Film Catur yang Lebih Seru dari Pertandingan Dewa Kipas

oleh -66 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pertandingan Dewa Kipas alias Dadang Subur melawan WGM Irene Kharisma mendadak viral di Youtube. Perlombaan yang diadakan Deddy Corbuzier tersebut menarik banyak penonton dan sempat trending di Youtube Indonesia. Namun ternyata, ada beberapa film catur yang tentunya lebih seru dan bisa menambah wawasan terhadap dunia catur. Berikut 5 Film Catur yang Lebih Seru dari Pertandingan Dewa Kipas! (jerrell)

1. Queen of Katwe (2016)

Film drama biografi ini menggambarkan kisah Phiona Mutesi, seorang gadis yang tinggal di Katwe, daerah kumuh Kampala, ibu kota Uganda.

Tinggal di daerah kumuh nyatanya tak menyurutkan tekad Phiona untuk belajar catur hingga akhirnya berhasil memenangkan Olimpiade Catur Dunia dan menjadi Kandidat Master Wanita.

Queen of Katwe disutradarai oleh Mira Nair dan menampilkan David Oyelowo, Lupita Nyong’o, serta Madina Nalwanga sebagai pemain utama.

2. The Dark Horse (2014)

Film The Dark Horse didasarkan pada kisah kehidupan nyata Genesis Potini. Genesis merupakan seorang pecatur Selandia Baru yang brilian, namun menderita gangguan bipolar parah.

Kisah film ini dimulai ketika Potini berjalan di tengah hujan, sebelum akhirnya memutuskan untuk mampir ke toko barang antik dan bermain catur sendiri.

Potini kemudian teringat ketika diajari catur oleh kakak laki-lakinya, namun terpaksa dibawa pergi oleh petugas polisi ke rumah sakit karena kondisi mentalnya.

3. Brooklyn Castle (2012)

Brooklyn Castle adalah sebuah film dokumenter tentang Intermediate School 318, sebuah sekolah di Brooklyn yang sebagian besar siswanya berasal dari keluarga miskin.

Namun, siapa sangka, sekolah ini memiliki tim catur terbaik dan paling unggul di New York.

Film ini mengikuti lima anggota tim catur sekolah selama satu tahun untuk mendokumentasikan tantangan dan kemenangan mereka, baik di dalam maupun di luar papan catur.

4. Bobby Fischer Against the World (2011)

Film dokumenter ini mengeksplorasi kehidupan tragis dan penuh drama dari mendiang master catur, Bobby Fischer.

Drama yang menyelimuti kehidupan Fischer memang tak ada habisnya.

Bobby Fischer Against the World mengintip masa kecilnya yang bermasalah, statusnya sebagai Juara Catur Dunia, dijuluki sebagai ikon Perang Dingin, hingga kehidupannya sebagai buronan dalam pelarian.

5. Pawn Sacrifice (2014)

Film drama biografi yang dibintangi aktor Tobey Maguire ini juga mengisahkan tentang Bobby Fischer.

Pawn Sacrifice mengikuti pertandingan Fischer melawan grandmaster catur Soviet selama Perang Dingin, hingga akhirnya memenangi Kejuaraan Catur Dunia 1972 melawan Boris Spassky di Reykjavík, Islandia.

Itulah 5 Film Catur yang Lebih Seru Dari Pertandingan Dewa Kipas dan sayang untuk Sobat lewatkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *