3+ Jenis Genteng yang Perlu Kamu Ketahui

oleh -724 views
5+ Jenis Genteng yang Perlu Kamu Ketahui | Zetizen Radar Cirebon

ZETIZEN RADAR CIREBON- Genteng merupakan salah satu jenis penutup rumah yang paling umum digunakan di Indonesia. Selain sebagai pelindung dari panas dan hujan, genteng juga menjadi hal penting dalam memberikan keindahan sebuah rumah.

Genteng yang menjadi atap sebuah bangunan dapat terbuat dari berbagai jenis bahan, lho. Ada yang terbuat dari kayu, batu, tanah liat, serat, aspal, plastik asbes, dan logam. Semuanya bergantung kebutuhan dan biaya pembangunan, sob.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa jenis genteng yang perlu kamu ketahui agar nggak salah pilih saat ingin membangun rumah. Yuk, simak pembahasannya berikut ini! (arfan)

1. Genteng Tanah Liat

5+ Jenis Genteng yang Perlu Kamu Ketahui
Genting Tanah Liat yang sangat umum masyarakat Indonesia gunakan. Image source: Grid.ID

Pasti kita sudah nggak asing dengan genteng tanah liat ini, kan? Jenis ini sudah sangat umum masyarakat Indonesia gunakan. Cara pasangnya pada atap yang miring dengan menerapkan sistem saling mengikat dan mengunci.

Harganya cukup terjangkau dan bobotnya yang ringan tetapi tetap kuat membuatnya menjadi primadona masyarakat Indonesia, guys. Namun, saat pemasangannya dibutuhkan ketelitian lebih agar tidak bocor saat hujan datang.

Baca juga: Toxic People: Kenali Cirinya dan Waspadai!

2. Genteng Beton

5+ Jenis Genteng yang Perlu Kamu Ketahui
Genteng Beton ini sering dipakai di rumah atau bangunan bertema minimalis, guys. Image source: ROOMA

Selanjutnya ada genteng beton yang sering dipakai di rumah atau bangunan bertema minimalis. Sebenarnya, jenis ini ada banyak sekali modelnya. Mulai dari model bergelombang hingga datar.

Meski harganya yang jauh dari kata “terjangkau” dan bobotnya yang lumayan berat, tetapi kualitas dan awetnya sudah teruji, guys. Jadi udah nggak perlu kita ragukan lagi, deh!

3. Genteng Keramik

Daftar Harga Genteng Beton Terbaru 2020. Alternatif Genteng Keramik!
Genteng jenis ini nyatanya lebih tahan lama dari jenis lainnya, lho. Image source: 99.co

Meski keramik, ternyata jenis ini masih dibuat dari tanah liat, lho. Pada proses finishing-nya terdapat penambahan lapisan pewarna glatzur. Jenis ini lebih tahan lama dari jenis lainnya.

Sama seperti genteng tanah liat, jenis ini perlu ketelitian dan kerapian. Hal tersebut bertujuan agar didapatkan kerapatan yang baik sehingga tidak terjadi kebocoran saat musim hujan.

Baca juga: Bosan Belajar Online? Ini Tips Belajar Efektif di Rumah

4. Genting Kaca

5+ Jenis Genteng yang Perlu Kamu Ketahui
Genting Kaca biasanya hanya dipasang di beberapa aera tertentu. Namun tidak menutup kemungkinan dipasang di sebagian besar area bangunan. Bergantung estetika dan kebutuhan. Image source: Roomah

Jenis ini biasanya hanya dipasang di beberapa area tertentu yang membutuhkan penerangan alami saja, guys. Dengan berbahan kaca, genteng ini dapat memberikan cahaya alami dan memberikan kesan modern. Selain itu, jenis ini juga bisa melindung dinding ruangan di bawahnya dari jamur dan kelembaban.

Sayangnya, jenis ini lebih mudah pecah bila kita bandingkan dengan jenis lainnya dan dapat menaikkan suhu ruangan di bawahnya jika kita gunakan secara berlebihan. Maka dari itu kita perlu memerhatikan jumlah dan letak pemasangan genting jenis ini.

5. Genting Aspal

5+ Jenis Genteng yang Perlu Kamu Ketahui
Meski terbuat dari aspal, genting jenis ini ternyata lebih ringan daripada keramik dan metal, guys. Image source: Qhomemart.com

Pasti kamu bertanya-tanya, memangnya ada Genting Aspal? Yap, jenis ini memang ada, guys. Sesuai dengan namanya, bahan baku genting ini terbuat dari aspal dan campuran bahan kimia lainnya. Meski terbuat dari aspal, ternyata genting ini lebih ringan daripada keramik dan metal.

Kelebihan lainnya adalah genting ini mampu menahan api dan angin yang kencang, lho. Untuk pemasangannya membutuhkan kerangka yang kuat untuk menopang beban dan tentunya harga genting jenis ini lebih mahal, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *