5 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Fotografer Pemula

oleh -550 views
Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Fotografer Pemula

ZETIZEN RADAR CIREBON- Menjadi seorang fotografer profesional pastinya adalah sebuah perjalan yang cukup panjang. Setiap fotografer pun pastinya berawal dari menjadi pemula. Tidak sedikit fotografer terus mengasah skillnya dan belajar dari kesalahan yang ia lakukan. Namun, tidak sedikit fotografer juga yang justru menghasilkan foto yang gitu-gitu saja. So, kali ini mimin akan membahas seputar kesalahan yang sering dilakukan oleh fotografer pemula. (fb)

Komposisi yang asal-asalan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh fotografer pemula yang pertama adalah tidak terlalu memikirkan tentang komposisi atau mengambil komposisi secara asal. Contohnya adalah lebih fokus kepada objek tanpa memikirkan sekitar yang dapat menyebabkan foto bocor.

Jika kamu sering melakukan hal tersebut cobalah untuk memanfaatkan area sekelilingmu. Pasalnya, komposisi yang tepat akan membuat foto menarik.

Foto yang Tidak Tajam

Foto yang blur atau tidak tajam juga kerap kali para pemula lakukan. Banyak sekali alasan yang membuat foto tidak tajam. Dari mulai shutter yang kurang cepat, hingga tidak bisa menyesuaikan guncangan yang ada.

Cobalah untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai segitiga exposure. Karena dengan memperhatikan mengenai segitiga esposure akan menghasilkan foto yang lebih tajam sehingga enak untuk orang lihat.

Baca juga: Fotomu Pecah? Berikut Tips agar Fotomu Telihat Tajam

Pencahayaan yang tidak beraturan

Masih seputar esposure, pencahayaanpun kerap menjadi sebuah kesalahan yang para pemula lakukan. Terkadang foto yang dihasilkan menjadi terlalu over atau under exposure.

Mengenal lebih dalam mengenai segitiga exposure pun akan membuat kamu mengerti untuk men-setting pencahayaan yang tepat.

Menggunakan lensa yang salah

Saat kita mulai terjun ke dalam dunia fotografi pastinya akan menggap bahwa semua jenis lensa adalah sama. Namun faktanya, setiap jenis lensa memiliki kegunaannya masing-masing.

Jenis lensa dan kegunaannya:

  • Ultra Wide (10-24mm) : Architecture & Landscape
  • Wide Angle (24-35mm) : Landscape & Photojournalism
  • Standard (35-70mm) : Portrait, Still Life & Strett
  • Mild Telephoto : Portrait, Still Life & Strett

Kamera mahal akan menghasilkan foto yang bagus

Kesalahan terkahir yang sering para pemula lakukan adalah memikirkan bahwa semakin mahal kamera akan semakin bagus foto yang dihasilkan. Namun faktanya adalah, foto mahal tidak terlalu berpengaruh kepada hasil foto.

Hasil foto yang bagus dihasilkan dari kamera yang bagus, momen yang tepat dan juga skill sang fotografer saat memotret. Hanya mengandalkan sebatas kamera ponsel pun dapat menghasilkan foto setara seperti kamera DSLR lho sob.

Baca juga: Tips Memotret Dengan Kamera Handphone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.