Apakah Semut akan Mati Jika Jatuh dari Ketinggian?

oleh -595 views
Apakah Semut akan Mati Jika Jatuh dari Ketinggian

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, semut merupakan serangga yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Namun pernah nggak sih sob, terlintas sebuah pertanyaan dalam kepalamu mengenai “apakah semut akan mati jika jatuh dari ketinggian?” Nah, untuk menjawab misteri tersebut, mimin akan memberikan jawabnya nih sob.

Ternyata jawabannya semut tidak akan mati walaupun jatuh dari menara yang tinggi sekalipun sob. Bahkan, seekor semut yang telah jatuh dari ketinggian masih mampu untuk langsung berjalan dan melanjutnya hidupnya.

Lantas, apa yang membuat semut tersebut tidak mati?

Jawabannya simple sob, hal tersebut merupakan pengaruh dari gaya gravitasi dan juga tubuh dari sang semut. Kamu pastinya sudah sering belajar mengenai gaya gravitasi di sekolah bukan? Gaya gravitasi sendiri merupakan gaya tarik menarik suatu benda yang memilki massa ataupun berat.

Layaknya manusia, semut pun dapat jatuh dari ketinggian karena adanya gaya gravitasi. Namun yang berbeda, semut memilki ukuran tubuh yang sangat kecil yang dapat membuat beratnya lebih kecil dari udara.

Semakin berat massa sebuah benda, tarikannya pun akan semakin kuat sehingga membuat suatu benda cepat untuk jatuh. Nah, hal tersebut lah yang membuat semut tidak mati jika jatuh dari ketinggian. Karena semut akan melayang secara perlahan jika ia jatuh dari sebuah ketinggian.

Selain itu, kaki semut pun dapat ditekuk layaknya seekor kucing yang sedang jatuh. Saat semut menekuk kakinya, kecepatan yang dihasilkan pun akan melambat. Sebabnya adalah berat dari semut yang ringat dapat ditahan oleh kakinya.

Semut pun memiliki koordinasi tubuh yang sangat hebat. Dalam artian, semut dapat langsung menyadari posisi saat ia jatuh. Jika ia jatuh secara terbalik, ia dapat langsung untuk membalikan posisi tubuhnya langsung. Hal ini membuat posisi kaki semut akan berada di bawah ketika jatuh.

Baca artikel lainnya mengenai Mengapa Kucing Sering Memakan Rumput?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *