,

Batrai Kameramu Cepat Habis? Berikut Tips Menghemat Batrai Kamera

oleh -256 views
Tips Menghemat Batrai Kamera

ZETIZEN RADAR CIREBON- Mengabadikan momen dengan bantuan sebuah kamera adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun, apakah kamu pernah merasakan saat sedang di tengah-tengah momen batrai kameramu tiba-tiba habis? Tidak sedikit orang pastinya kerap kali mengalami hal tersebut. So, kali ini mimin akan memberikan tips menghemat batrai kamera agar tidak cepat habis. (fb)

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering fotografer pemula lakukan

Kurangi penggunaan Live View

Canon T4i(650D) & T5i(700D) Learning from Live View - YouTube
Source by Google

Tidak sedikit orang pastinya sering untuk menggunakan fitur live view karena akan terlihat lebih jelas. Namun faktanya, penggunaan live view ternyata membuat batrai kameramu cepat habis lho sob. Cobalah untuk menggnakan viewfinder untuk lebih menghemat batraimu.

Hindari penggunaan auto focus

Autofokus kamera DSLR Nikon macet, coba periksa 6 hal ini | Techno.id
Source by Techno.id

Selain penggunaan live view, penggunaan auto focus pun terkadang sangat membantu dalam memotret. Namun ternyata, lagi-lagi auto focus justru dapat memakan cukup cepat batrai kameramu. Cobalah mulai sekarang untuk menggunakan manual focus. Hal tersebutpun dapat membuat kamu terbiasa untuk menggunakan mode tersebut.

Matikan image stabilizer

Memahami Image Stabilizer dan Vibration Reduction Pada Lensa
Source by Belajar Foto

Tips menghemat batrai kamera selanjutnya adalah matikan image stabilizer. Pasalnya, penggunaan mode tersebut membutuhkan energi yang cukup banyak untuk menggerakan elemen lensa. Maka dari itu, jika batraimu sedang kritis cobalah untuk mematikannya.

Matikan juga sensor pembersih pada kameramu

4 Langkah Membersihkan Debu Pada Kamera Canon | KELAS FOTOGRAFI
Source by Kelas Fotografi

Mematikan sensor pembersih pada pengaturan kameramu pun dapat membantu agar batrai kamera lebah hemat lho sob. Pasalnya, penggunaan sensor satu ini dapat mempercepat konsumsi batrai kameramu sob.

Matikan kamera jika tidak terpakai

Beralih ke Kamera Mirrorless dengan Canon EOS M50 - Teknologi Bisnis.com
Source by Bisnis.com

Tips yang satu ini memang cukup kontroversial. Pasalnya, beberapa orang mengatakan bahwa mematikan dan menghidupkan kamera dapat mengurangi penggunaan batraimu.

Pada dasarnyakamera modern memang sudah memiliki kemampuan manajemen daya yang baik saat berada di mode standby. Namun, hal tersebut pun tergantung situasi dan juga kondisi.

Jika kamu sedang berada dalam momen seperti sambutan yang memakan waktu cukup lama, lebih baik mematikan kameramu sob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *