Berikut Benda yang Orang Gunakan Sebagai Mata Uang Part I

oleh -232 views
benda yang orang gunakan sebagai mata uang

ZETIZEN RADAR CIREBON- Jika kita membahas soal mata uang yang ada di dunia, kebanyakan orang pastinyanya akan menjawab kertas, koin ataupun kartu kredit. Namun ternyata pada zaman dahulu, bukanlah kertas, koin ataupun kartu kredit yang orang gunakan sebagai mata uang. So, kali ini mimin akan memberitahumu seputar benda yang orang gunakan sebagai mata uang. (fb)

Baca juga: Logitech G333 Gaming Earphone Akhirnya Rilis di Indonesia

Batu Rai

Mengenal Batu Rai, Mata Uang Terbesar di Dunia dari Mikronesia -  kumparan.com
Source by Kumparan

Benda yang orang gunakan sebagai mata uang pertama adalah Batu Rai. Benda satu ini pun digunakan oleh orang-orang yang tinggal di Pulau Yap, yang merupakan pulau terkecil di Mikronesia, Samdura Pasifik pada thaun 500 Masehi.

Karena bentuknya yang bermacam-macam, batu ini pun memiliki harga yang beragam. Harga dari batu tersebut pun berdasarkan ukuran batu dan seberapa banyak tenaga yang dihabiskan untuk mengantar batu tersebut. Pada kala itu, orang-orang di sana menggunakan batu ini untuk membeli rumah dan menjadi mas kawin.

Batu Bata Teh

Teh Unik Bentuk Batu Bata Ini Pernah Jadi Mata Uang Populer
Source by Detik.com

Sebuah teh yang mempunyai bentuk menyerupai batu bata ini pun kerap orang-orang jadikan sebagai mata uang khususnya di Turkmenistan, Cina, Mongolia dan beberapa wilayan di Rusia hingga awal perang dunia kedua. Alasan dari teh ini orang gunakan sebagai mata uang adalah karena melonjaknya harga teh yang cukup signifikan.

Faktor yang menjadi penentu harga teh ini pun ada cukup banyak. Mulai dari bentuk dan juga ukuran dari teh tersebut hingga kualitas dari teh tersebut.

Tutup Botol Bir

Wallpaper tutup botol HD unduh gratis | Wallpaperbetter
Source by WallpaperBetter

Mata uang satu ini belum terlalu lama pudar. Pasalnya pada tahun 2005 kemaren, sebuah pabrik di Kamerun, membuat sebuah kompetisi dari orang biasa hingga seorang pedagang pun bisa mendapatkan hadiah.

Hadiah tersebut pun bisa orang dapatkan dari sebuah tutup botol. Hadiahnya yang mereka berikan pun tidak main-main. Mulai dari gratis bir hingga sebuah liburan. Akhirnya beberapa perusahaan pun mengikuti cara tersebut. Selain itu, orang-orang pun dapat menukar barang mungil yang harganya tidak terlalu mahal, menggunakan tutup botol tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *