,

Bunglon, Sang Reptil Cantik Perubah Warna Kulit

oleh -753 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bunglon merupakan salah satu hewan yang memiliki kemampuan cukup unik dari hewan lainnya. (angga)

Hewan yang dapat menjulurkan lidahnya dengan akselerasi lebih cepat dari pesawat jet tempur ini memiliki banyak keistimewaan dalam tubuh kecilnya.

Kira-Kira kemampuan apa saja yang hewan ini miliki ya sob?

Tentunya, sobat sudah sangat familiar dengan kemampuan Bunglon yang dapat merubah warna kulitnya. Akan tetapi kemampuan hewan ini tidak hanya hal tersebut saja lho.  Hewan cantik ini juga memiliki keistimewaan lain.

Kali ini Zetizen Cirebon akan membahas kemampuan unik dari hewan yang kerap dikenal dengan nama Chameleon ini. Yuk, simak infonya berikut ini!

Cara Bunglon Merubah Warna Tubuh

Source : Google Images

Faktanya sob, hewan kecil nan cantik ini tidak dapat mengubah kulit ke semua warna, hanya ke warna-warna tertentu. Dalam bawah lapisan kulitnya terdapat dua lapisan sel yang mengandung pigmen chromatophores berwarna merah, kuning, biru, dan putih.

Pada bagian bawah tubuhnya juga terdapat lapisan Melanin untuk warna coklat seperti warna kulit manusia. Dengan kemampuan sel warna tersebut dapat mengubah warna kulitnya menjadi beberapa warna yang berbeda.

Alasan Merubah Warna Kulit

Source : Google Images

 Ternyata alasan hewan ini merubah warna kulit tidak hanya sebagai pertahanan diri sob, mood dan perasaan dari hewan ini juga menjadi alasan untuknya merubah warna tubuhnya.

Menggerakkan Mata  Secara Terpisah

Source : Google Images

Bunglon (Chameleon) dapat menggerakkan mata secara terpisah. Satu mata melihat ke depan, sementara mata yang lainnya melihat ke belakang secara bersamaan.

Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi hewan ini, dengan kemampuan ini, ia dapat mengetahui ancaman yang ada dalam lingkungan yang ia tempati dan beradaptasi secara bersamaan.

BACA JUGA

Hewan Eksotik yang Hanya Ada di Indonesia Part II

Kura-Kura, Hewan Paling Mudah Untuk Dipelihara

Daftar Hewan Hibrida Hasil Silang Antar Spesies Part I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.