Cerita Di Balik Kue Brownies

oleh -177 views
Source: ruangkabar.com

ZETIZEN RADAR CIREBON -Kue Brownies selain nikmat juga mudah membuatnya. Tak heran para pembuat kue pemula menyukai kue ini. Brownies tidak perlu banyak bahan dan teknik yang sulit. (IND)

Uniknya brownies terbilang berbeda dengan kue umumnya. Tiruan Sarapan Noni dan Tuan Belanda Tekstur brownies harus bantat, kebalikan dari kue lain yang harus mengembang. Di balik kue cokelat bantat ini ini ada sejarah menarik tentang kemunculannya.

Bagaimana sejarah brownies bisa muncul? Berawal dari cokelat. Melansir US History Scene, cerita awal munculnya brownies mulai dengan cokelat. Pada 1670, keberadaan cokelat sangat populer di kalangan elit Inggris-Amerika.

Catatan menunjukkan bahwa keluarga yang lebih kaya sering kali menikmati secangkir cokelat dengan atau sebagai sarapan mereka di New England pada akhir abad ke-17 dan awal abad ke-18.

Minuman cokelat panas pembuatannya dengan gaya Eropa, menggunakan panci khusus cokelat yang terbuat dari timah, tembaga, batu, atau perak. Panci cokelat berukuran lebih tinggi dan lebih besar dari teko.

Meletakan panci di atas sumber panas, dan merebus coklat dalam air panas. Cokelat diaduk terus menerus hingga tercampur rata dan menghasilkan campuran berbusa. Tambahkan gula, seperti halnya dengan teh atau kopi. Terkadang bisa juga menggunakan susu atau anggur.

Popularitas cokelat dengan cepat menyebar ke seluruh koloni Amerika, dan semakin banyak jumlah yang terimpor dari luar negeri setiap tahun. Ketika permintaan coklat tumbuh dan hubungan dengan pemerintah kolonial Inggris tegang, pengusaha New England mulai memproduksi cokelat secara lokal.

Sejarah Kue Brownies

Pada 1765, pabrik cokelat pertama di Amerika Serikat berdiri di sepanjang Sungai Neponset di wilayah Lower Mills di Dorchester dan Milton, Massachusetts. Pabrik cokelat itu memproses kakao impor menjadi cokelat.

Kini, pabrik cokelat tersebut masih aktif memproduksi cokelat merek Baker yang sekarang pemiliknya adalah Kraft. Selama abad ke-19, cokelat pun menyebar lebih luas menembus semua kalangan.

Awal munculnya brownies, pada abad ke-19 muncul produk baru hasil dari eksperimen cokelat. Beberapa sumber menyatakan bahwa produk eksperimen cokelat, berupa kue cokelat panggang dipamerkan pada Pameran Kolumbia.

Seperti terkutip dalam The Nibble, seorang chef di The Palmer House Hotel di Chicago diminta untuk membuat makanan penutup berupa kue-kue berukuran kecil untuk para tamu. Kue Kering ala Perancis dengan 5 Jenis Adonan Karena satu hal, kue yang pembuatannya oleh chef yang seharusnya mengembang justru menjadi kue brownies yang kita kenal saat ini.

Baca Juga: Fakta Unik Brownies, Cake Manis yang Populer

Brownies tersebut, mungkin yang pertama yang mengandung banyak cokelat, mentega, gula, tepung, dan telur. Menariknya, brownies tersebut juga topingnya berisi taburan kenari dan lapisan aprikot. Sampai saat ini, brownies khas The Palmer House Hilton masih tetap diproduksi oleh hotel tersebut. Resep brownies pertama kali muncul dalam buku Home Cookery yang disebut Service Club Book pada tahun 1904. Dari publikasi tersebut, akhirnya kue brownies mulai terkenal luas.

Source: Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *