,

Datangnya KRI Dewaruci di Muara Jati Cirebon

oleh -251 views
Datangnya KRI Dewaruci di Muara Jati Cirebon
Datangnya KRI Dewaruci di Muara Jati Cirebon. Foto oleh @farhan_firjatullah_b

ZETIZEN RADAR CIREBON- Saat ini, keberadaan kapal layar sudah mulai berkurang seiring waktu. Maka dari itu, adanya kapal layar terutama yang berukuran besar di dermaga kota sendiri merupakan penampakan yang luar biasa. Sepeti datangnya KRI Dewaruci di pelabuhan Muara Jati Cirebon, pada Minggu siang, tanggal 28 Februari 2021 pukul 11.05 WIB.

Kapal ini merupakan kapal milik TNI AL buatan Jerman yang mulai pembuatan pada tahun 1952 dan selesai 1953. Namanya sendiri diambil dari tokoh pewayangan Jawa. Untuk saat ini, KRI Dewaruci dikepalai oleh Letkol Laut (P) Hastaria yang biasa mereka gunakan untuk pelatihan lapangan taruna AL.

KRI Dewa Ruci tidak hanya terkenal di Indonesia, namun di dunia juga. Bahkan telah mengelilingi lautan dunia sebanyak 2 kali, pencapaian yang hebat bagi kapal layar. Total negara yang sudah mereka kunjungi yakni lebih dari 45 negara.

Datangnya KRI Dewaruci di Muara Jati Cirebon, ini dalam rangka pelayaran kebaharian. “Tahun ini kita berlayar ke Cirebon dalam rangka siar samudra, kemudian mendukung pemetaan, pembinaan kampung Bahari Nusantara dan pelayaran kebaharian,” ucap Komandan Kapal KRI Dewaruci.

Mereka juga membawa beberapa mahasiswa dan juga Menwa untuk melaksanakan program pelatihan sambil berlayar dengan didukung oleh Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut. Singgahnya KRI Dewaruci ke Cirebon juga hanya tidak lama hanya sampai tanggal 3 Maret 2021. (fb)

Baca artikel selanjutnya Berikut Jenis Pintu Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *