Fakta Unik Palung Mariana yang Perlu Kamu Ketahui Part I

oleh -622 views
Fakta Unik Palung Mariana

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, Palung Mariana merupakan palung paling dalam di bumi yang pernah orang ketahui. Selain, medapatkan predikat terdalam, palung yang terletak di sebelah timur kepulauan Mariana barat Samudra Pasifik ini mempunyai fakta unik lainnya. So, berikut fakta unik palung mariana yang perlu kamu ketahui. (fb)

Baca juga: Map Baru Among Us The Airship akan Hadir Bulan Ini

Tekanan yang tinggi

Sudah tidak menjadi sebuah rahasia jika sebuah paling mempunyai tekanan yang sangat tinggi. Seperti palung mariana ini yang mempunyai tekanan sebesar 8 ton per inchi persegi yang dapat membuatmu remuk seketika jika tidak memakai bantuan alat atau pelindung apapun.

Lebih tinggi dari Everest

Pastinya kamu pernah bertanya bukan “sebenarnya seberapa dalam Palung Mariana itu?” Ternyata para penelitipun kerap untuk meneliti hal tersebut sob. Sebagai perbandingan, mereka membandingkan Palung Mariana dengan gunung terbesar di dunia yakni Everest dalam posisi terbalik.

Pada akhinya, para peneliti pun menemukan bahwa Palung Mariana lebih dalam dari pada gunung Everest. Selain itu, para peneliti pun percaya bahwa Palung Mariana tidak memiliki ujung atau sulit untuk mereka temukan.

Terbentuk 180 juta tahun yang lalu

Fakta unik Palung Mariana selanjutnya adalah selain menjadi palung yang terdalam, Palung Mariana pun merupakan palung tertua di dunia. Pasalnya berdasarkan penelitian, Palung Mariana ternyata sudah terbentuk sejak 180 juta tahun yang lalu.

Palung Mariana sendiri pun terbentuk karena adanya tumbukan dari dua lempeng yakni lempeng tektonik Pasifik dan juga lempengan Filipina. Karena hal tersebut, akhirnya menyebabkan lapisan yang jatuh ke dalam lapisan mantel bumi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.