Fakta Unik Paus Si Mamalia Laut Terbesar yang Perlu Kamu Ketahui Part II

oleh -161 views
Fakta Unik Paus

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, paus merupakan hewan ciptaan tuhan yang sangat menakjubkan karena memiliki ukuran yang luar biasa besarnya. Karena hal tersebut, paus mendapatkan julukan sebagai mamalia laut terbesar di dunia. Namun, selain memiliki ukuran yang sangat besar, paus pun memiliki beberapa fakta unik yang lain. So, berikut fakta unik paus si mamalia laut terbesar yang perlu kamu ketahui. (fb)

Baca part sebelumnya di sini

Perenang dan penyelam yang hebat

Fakta unik yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah cara ia berenang dan juga menyelam. Diketahui, seekor paus bungkuk memegang rekor sebagai mamalia yang bermigrasi terjauh di dunia. Ia sanggup berpetualang melewati berbagai samudra hingga menempuh jarak mencapai 22.000 kilometer.

Selain itu, seekor paus berjenis cuvier atau paus berparuh cuvier merupakan mamalia penyelam terdalam. Ia mampu untuk menyelam hingga kedalaman 3 kilometer dan bertahan hingga 138 menit sebelum ia kembali ke permukaan untuk mengambil nafas.

Mempunyai muntahan yang sangat mahal

Tahu nggak sih sob kalo misalnya sebuah muntahan dari seekor ikan paus mempunyai harga yang sangat tinggi. Muntahan tersebut pun berasal dari bagian-bagian tubuh dari makanan paus kepala kotak namun tidak tercerna dengan baik dan menumpuk di dalam saluran pencernaan.

Setelah itu, seekor paus pun memuntahkannya dan kemudian muntahan tersebut terombang ambing selama bertahun-tahun hingga terdampar dan ditemukan manusia dan menjadi sebuah bahan dasar pembuatan parfum.

Harga dari sebuah ambergeris atau muntahan ikan paus dapat mencapai miliaran rupiah. Hal tersebut pun berdasarkan harga pasarannya yang mencapai ratusan juta perkilo.

Paus orca bukan dari keluarga paus

Tidak sedikit orang pastinya menganggap bahwa seekor paus orca atau paus pembunuh merupakan mamalia yang berasal dari kelurga Balaenipteridae atau keluarga paus karena mempunyai perilaku dan nama yang sama.

Namun ternyata, seekor paus orca atau paus pembunuh masuk kedalam keluarga Delphinidae atau keluarga lumba-lumba. Secara ukuran, paus orca memiliki fisik yang lebih besar dari pada lumba-lumba. Karena hal tersebut, paus orca merupakan spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *