,

Fotomu Pecah? Berikut Tips agar Fotomu Telihat Tajam

oleh -409 views
Tips agar Fotomu Telihat Tajam

ZETIZEN RADAR CIREBON- Mendapatkan hasil foto yang tajam, pastinya akan memberikan sebuah kesenangan bagi sang pemotret. Namun, beberapa orangpun sering merasa kesulitan untuk mendapatkan hasil foto yang tajam. So, jika kamu termasuk kedalam orang tersebut, kali ini Zetizen Cirebon akan memberikan tips agar fotomu telihat tajam. (fb)

Baca juga: Jenis Stabilizer Kamera yang Perlu Kamu Ketahui

Gunakan aparture rendah

Jika kamu ingin memotret sesuatu cobalah untuk menggunakan aparture yang rendah sepeti F8/11 ataupun 16. Pasalnya, jika kamu menggunakan aparture yang besar, kemungkinan akan ada banyak cahaya yang masuk ke dalam lensa sehingga membuat cahaya sulit diatur.

Selain itu, penggunaan aparture rendah pun membuat hasil jepretan kita menjadi lebih depth of field atau bokeh.

Atur juga shutter speednya

Setelah mengatur bukaan lensa atau aparture, atur juga shutter speed pada kameramu. Makin tinggi shutternya, makin cepat jepretan yang akan kamera hasilkan. Namun, jika shuttermu terlalu tinggi akan membuat fotomu jadi lebih gelap.

Cobalah untuk menggunakan shutter yang lebih tinggi dari focal length kamu. Contohnya jika bukaan lensa mencapai 85mm, maka minimal shutter yang kamu butuhkan adalah 1/85s. Tidak sedikit fotograferpun menyarankan agar shutter speed yang kamu gunakan 1/2x focal lenght, makan 1/170s.

ISO juga jangan lupa

Setelah aparture dan shutter speed selesai tips agar fotomu telihat tajam selanjutnya adalah atur ISOnya. Pengaturan ISO dalam dunia fotografi sangatlah penting. Pasalnya, dengan ISO kamu dapat membuat gambar menjadi lebih terang ataupun sebaliknya.

Cobalah untuk menggunakan ISO yang tidak terlalu tinggi. Usahakan untuk berada pada titik 100-600. Hal tersebut berpengaruh agar fotomu tidak menimbulkan bintik-bintik kecil atau yang biasa orang sebut dengan noise.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.