Gunung Berapi Islandia Erupsi setelah 900 tahun Tertidur

oleh -332 views
Gunung Berapi Islandia Erupsi

ZETIZEN RADAR CIREBON- Beberapa waktu lalu, dunia sempat dihebohkan dengan kabar mengenai gunung berapi Islandia erupsi setelah 900 tahun tertidur. Gunung dengan nama Fagradalsfjall erupsi pada Jumat (19/3/2021).

Erupsi dari gunung tersebut pun pertama kali diungkapkan oleh Icelandic Meteorological Office (IMO) melalui akun twitter-nya bahwa gunung berapi Fagradalsfjall erupsi pada jumat malam.

“Letusan tersebut pun berawal di Fagradalsfjall di Geldingadalur sekitar pukul 20:45 WIB malam ini. Letusan ini pun termasuk kedalam letusan kecil dan celah letusannya sekitar 500-700 meter. Lava itu berukuran kurang dari 1 kilometer persegi,” kata Meteorologi Islandia.

Karena benca alam tersebut para petugas polisi dan penjaga pantai langsung berjaga di tempat kejadian. Para petugaspun menghimbau kepada masyarakat untuk menjauh dari lokasi kejadian. Selain itu, para petugas pun menutup jalan utama dari ibu kota ke bandara Keflavik pada hari Jumat mengetahui gunung tersebut terletak di semenanjung Reykjanes, barat daya Ibu Kota Islandia.

Tidak ada laporan mengenai hujan abu dari erupsi gunung tersebut. Walupun begitu, petugas setempat pun memerintahkan agar para penduduk yang tinggal di sebelah timur gunung, untuk menutup jendela mereka dan tetap tinggal di rumah karena resiko kemungkinan polusi gas yang terbawa angin.

Letusan dari gunung berapi tersebut pun bukan letusan eksplosif atau memuntahkan abu ke langit melainkan letusan efusif yang di mana lava mengalir dari tanah.

Menurut Icelandic Meteorological Office, terakhir kali gunung berapi Islandia erupsi yakni sekitar 800 hingga 1.240 tahun yang lalu.

Baca artikel lainnya mengenai Film Animasi DOTA: Dragon’s Blood Sudah Tersedia di Netflix

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.