Ini 5 Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan!

oleh -137 views
source: livingflawless.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pasti kamu pernah mendengar habbatussauda kan? Bagi yang belum tahu, habbatussauda atau minyak jintan hitam berasal dari biji bunga Nigella sativa. Habbatussauda ini pertama kali diteliti oleh seorang filsuf dunia medis yaitu Ibnu Sina atau yang kita kenal sebagai Bapak Kedokteran Modern. Minyak jintan hitam ini memiliki banyak manfaat lho. Berikut ini manfaat habbatussauda untuk kesehatan. (tika)

1. Mengobati asma

Melansir dari IDNtimes, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda bersamaan dengan obat asma dapat mempercepat proses penyembuhan. Gejala lain seperti batuk dan sakit dada juga bisa segera berkurang. Namun jangan mrngonsumsi bersamaan dengan salbutamol dan theophylline ya agar khasiatnya tidak menurun.

2. Menurunkan kolesterol

Habbatussauda bermanfaat untuk menurunkan kolesterol lho. Hal ini karena habbatussauda mengandung asam lemak seperti asam linoleat dan oleic yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Tak hanya itu, habbatussauda juga mengandung lipoprotein sebagai kolesterol baik.

3. Mencegah kanker

Melansir dari Medical News Today, mengungkapkan bahwa habbatussauda mengandung thymoquinone dan antikarsinogen yang dapat membunuh sel-sel kanker yang aktif. Saat ini, habbatussauda efektif untuk kanker otak, leukemia, tumor, melanoma, dan kanker payudara. Selain untuk mencegah, habbatussauda ini bisa membantu penyembuhan juga. Namun, tetap melakukan pengobatan dengan dokter.

4. Menurunkan gula darah

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah mengendalikan kadar gula darah. Menurut studi dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine 2017 mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen habbatussauda dapat memperbaiki kondisi gula darah puasa dan gula darah rata-rata. Tentunya ini menjadi kabar baik untuk para pengidap diabetes.

5. Meredakan rematik

Ternyata habbatussauda juga bisa meredakan rematik. Ada sebuah studi dari Avicenna Journal of Phytomedicine 2016 yang mengemukakan fungsi habbatussauda pada rematik. Dalam penelitiannya 42 orang mengonsumsi minyak habbatussauda sebanyak 1.000 miligram perhari selama delapan minggu. Kemudian hasilnya bermanfaat untuk meredakan rematik karena habbatussauda memiliki sifat melawan peradangan.

Nah. itulah 5 manfaat habbatussauda untuk kesehatan. Apakah kamu sudah mencobanya?

Baca juga :

Ini Manfaat Thai Tea Untuk Kesehatan

Suka Melamun? Ini Lho 5 Manfaat Melamun!

Ini Bahaya Kalau Kamu Kurang Minum Air!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *