Ini Bahaya Kalau Kamu Kurang Minum Air!

oleh -298 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Air sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Kurangnya minum air akan menyebabkan tubuh kita dehidrasi. Tubuh manusia terdiri dari 60% air. Secara umum, dehidrasi adalah kondisi kekurangan kandungan air pada tubuh secara keseluruhan. Kali ini kita akan bahaya kurang minum air mineral. (tika)

1. Sulit berkonsentrasi

Kurangnya minum air akan menyebabkan dehidrasi sehingga membuat kurangnya fokus dan sulit berkonsentrasi. Dehidrasi ringan dalam jangka pendek akan menyebabkan mual, sakit keppala dan sulit untuk fokus. Melansir dari sehatQ, penelitian pada 2012 orang yang mengalami dehidrasi ringan lebih sulit berkonsentrasi bahkan pada tugas sederhana. Mereka juga kesulitan menjaga rentang fokus dalam jangka waktu yang singkat.

2. Memicu penyakit diabetes

Ada sebuah penelitian dari Lisa Bankir di French National Research Institute mengungkapkan bahwa orang dewasa yang yang kurang mengonsumsi air dari kadar yang seharusnya mengalami peningkatan kadar gula darah dan mencapai level pra-diabetes. Hal ini karena adanya perubahan pada hormon vaporesin yang mengendalikan penyimpanan air dalam tubuh. Akibatnya, hormon ini berimbas pada peeningkatan kadar gula darah.

3. Gangguan sendi

Dalam sendi ada air yang berfungsi menjadi pelumas atau lubrikan dalam bentuk cairan sendi. Hal ini yang memudahkan sendi untuk bergerak dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus minum air yang cukup agar menghindari risiko tulang yang saling bergesekan dan membuat tubuh agar bisa menjalankan aktivitas fisik dengan baik dan bebas, diantaranya berjalan, lari, melompat, dan lain sebagainya.

4. Rasa kantuk berlebihan

Wajar mengantuk apabila kamu kurang tidur saat malam. Tetapi, saat kamu kurang minum air putih, akan menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan. Ada sebuah penelitian dari Inggris pada tahun 2015 yang mengungkapkan bahwa setiap satu dari setiap lima pasien yang kekurangan cairan akan merasa sangat mengantuk. Selain rasa kantuk yang berlebihan, tubuh juga akan terasa lelah dan tidak bertenaga yang akan membuat malas untuk beraktifitas.

Nah, itu adalah bahaya kurang minum air mineral yang harus kamu waspadai.

Baca juga :

Minuman Tradisional Menyehatkan Tubuh, Sudah Coba?

Ternyata Ini Manfaat Minum Air pH Tinggi!

Efek Samping Kopi yang Perlu Kamu Ketahui!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.