Ini Dia 3 Pemain Catur Legendaris di Dunia

oleh -986 views
Pemain Catur

ZETIZEN RADAR CIREBON – Catur telah memiliki banyak legenda, juara dunia, penantang, pemain kelas dunia, dan grandmaster. Permainan para legenda catur ini sangat seru, menginspirasi, dan mengajari kita cara-cara permainan master.

Merupakan hal yang umum untuk mendiskusikan pemain terhebat sepanjang masa di lingkaran catur, tetapi diskusi ini selalu menimbulkan pertanyaan yang sama. Siapa yang terbaik sepanjang masa? Berikut ini adalah 3 pemain catur legendaris yang ada di dunia. (teza)

Baca juga : Teknik Bukaan Catur yang Harus Kamu Kuasai

Garry Kasparov

GM Garry Kasparov adalah juara dunia ke-13 dan memegang gelar dari tahun 1985 hingga 2000. Ia pertama kali mencapai peringkat nomor satu pada tahun 1984 dan dengan beberapa pengecualian kecil tetap menjadi pemain nomor satu di dunia hingga tahun 2006. Kasparov mendominasi dunia catur selama lebih dari 20 tahun.

Kasparov mencapai peringkat puncaknya 2856 pada 3 Maret 2000, pada saat itu angka yang belum pernah terjadi sebelumnya dan rekor yang tidak dipecahkan sampai Carlsen melampauinya.

Pada tahun 1985 Kasparov mengalahkan Karpov untuk menjadi juara dunia termuda pada usia sekitar 22 setengah tahun. Dia mempertahankan gelar juara dunia melawan Karpov dalam tiga kesempatan berturut-turut pada 1986, 1987 dan 1990. Pada 1993, dia memisahkan diri dari FIDE (organisasi catur internasional) dan memulai PCA (asosiasi catur professional), jeda ini akan menciptakan dua kejuaraan dunia yang berbeda sampai pertandingan reunifikasi antara Kramnik dan Topalov pada 2006 .

Kasparov mempertahankan gelarnya dengan mengalahkan GM Nigel Short pada 1993 dan kembali berhasil mempertahankan gelarnya dengan mengalahkan Anand pada 1995. Hanya Kasparov dan Lasker yang berhasil mempertahankan gelar mereka sebanyak lima kali.

Pada tahun 2000 Kramnik mengalahkan Kasparov, mengakhiri pemerintahan pemain terbaik sepanjang masa sebagai juara dunia. Namun, Kasparov akan terus bermain (dan memenangkan) turnamen sampai pensiun pada tahun 2005. Ia meninggalkan permainan sebagai pemain nomor satu di dunia.

Kasparov tetap aktif di dunia catur setelah pensiun secara efektif. Dia telah memainkan pertandingan eksibisi dan bahkan melatih Carlsen dan GM Hikaru Nakamura. Seri lima jilidnya berjudul My Great Predecessors dianggap sebagai salah satu buku catur terbaik yang pernah ada.

Magnus Carlsen

GM Magnus Carlsen adalah juara dunia ketiga. Pada tahun 2009 ia menjadi pemain termuda dalam sejarah yang mencapai ambang batas peringkat 2.800, dan pada tanggal 21 April 2014, ia mencapai peringkat puncak dan peringkat tertinggi yang pernah ada di 2889.

Carlsen telah menjadi pemain peringkat satu sejak 2011 dan mendominasi permainan sejak saat itu. Pada Februari 2020, Carlsen telah berada di 120 pertandingan beruntun tak terkalahkan dalam kontrol waktu standar, rekor lain untuk juara dunia.

Resumenya sudah lebih dari cukup untuk dianggap nomor dua dalam daftar pemain terbaik sepanjang masa ini, tetapi Carlsen baru berusia 29 tahun dan mungkin bahkan belum mencapai kekuatan permainan puncaknya.

Carlsen menjadi juara dunia dengan mengalahkan Anand pada 2013 tepat sebelum berusia 23 tahun (juara dunia termuda kedua, hanya di belakang Kasparov). Tiga kali ia berhasil mempertahankan gelarnya: pada 2014 Carlsen memenangkan pertandingan ulang melawan Anand, pada 2016 ia mengalahkan GM Sergey Karjakin dan pada 2018 ia mengalahkan GM Fabiano Caruana.

Menurut sebuah wawancara pada Januari 2020, Carlsen menyatakan: “Kasparov telah 20 tahun tanpa gangguan sebagai pecatur nomor 1 dunia … Dia harus dianggap sebagai yang terbaik dalam sejarah. Tapi saya merasa waktu ada di pihak saya … saya belum 30. Jika saya dianggap yang terbaik dalam sejarah pada usia 30, saya harus mulai mendominasi pada usia 10.”

Bobby Fishcer

GM Bobby Fischer adalah juara dunia resmi ke-11 sekaligus juara dunia Amerika pertama dan satu-satunya. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai pemain catur paling terkenal yang pernah ada. Dari tahun 1970 hingga 1971 Fischer memenangkan 20 pertandingan berturut-turut melawan lawan kelas dunia, pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Prestasi ini termasuk di antara tujuh rekor catur paling menakjubkan.

Pada tahun 1972 Fischer mengalahkan Spassky dalam “Match of the Century” dan dinobatkan sebagai juara dunia, meskipun memulai pertandingan dengan skor 0-2 setelah membuang game satu dalam akhir game yang sama sekali sama dan bahkan tidak muncul untuk game kedua. Pembongkaran kerajaan catur Soviet oleh Fischer dari tahun 1970 hingga 1972 di tengah-tengah Perang Dingin dianggap sebagai salah satu pertunjukan individu terhebat sepanjang masa.

Gayanya unik, orisinal dan kreatif. Dia bisa menyerang dan bertahan dengan baik, tapi dia juga menunjukkan pemahaman posisi yang sangat dalam dan hampir menakutkan. Fischer menginspirasi banyak generasi pecatur di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

“Game of the Century” dari Fischer adalah salah satu game catur paling terkenal sepanjang masa. Bukunya yang berjudul My 60 Memorable Games dianggap sebagai salah satu buku catur terbaik dalam sejarah.

Sumber : TamanPendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.