Ini Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Kamu Coba!

oleh -140 views
Source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebagian masyarakat Indonesia memercayai bahwa apabila belum makan nasi berarti belum makan. Membatasi nasi wajar untuk orang yang diet. Para dokter juga menyarankan untuk mengurangi porsi nasi bagi orang yang memiliki penyakit tertentu. Namun, jangan khawatir sebab ada banyak alternatif makanan pengganti nasi yang bisa kamu coba. Mari kita bahas! (tika)

1. Ubi

Ubi adalah umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat dan bisa menjadi pengganti nasi untuk kamu yang sedang diet. Namun, perlu kamu ingat bahwa karbohidrat pada nasi putih dan ubi itu berbeda, ubi lebih banyak mengandung serat dan lebih sedikit gula. Ubi juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

2. Kentang

Umbi selanjutnya yang bisa menjadi pengganti nasi adalah kentang. Kentang mengandung banyak kalium dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Kamu harus ingat bahwa cara pengolahan kentang juga berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya. Kamu bisa memasak kentang dengan memanggang dan menambahkan sedikit rempah dan minyak zaitun.

3. Pisang

Pisang adalah buah pengganti nasi yang kaya akan nutrisi. Dalam satu buah pisang bisa mencapai hingga 23% nutrisi. Pisang mengandung banyak kalium, vitamin B6 dan vitamin C. Kandungan kalium bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah dan untuk kesehatan jantung. Buah pisang yang masih muda juga bisa menjadi pengganti nasi lho.

4. Oats

Tentu kamu tidak asing dengan makanan yang sering di makan oleh orang yang tengah menjalani diet. Oats atau biji-bijian terbuat dari gandum utuh yang mengandung banyak vitamin. Oats ini juga membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh. Makanan pengganti nasi ini mengandung 66% karbohidrat dan sekitar 11% serat di dalamnya.

5. Kacang merah

Pengganti nasi selanjutnya adalah kacang merah. Kacang merah mengandung banyak karbohidrat dalam bentuk pati dan serat. Makanan ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko kanker usus besar. Pastikan kamu memasakanya dengan benar dan matang ya.

Nah, itu makanan pengganti nasi yang bisa kamu coba untuk menjadi alternatif bagi kamu yang sedang diet atau yang bosan dengan nasi. Jadi, mana yang kamu suka?

Baca juga :

Ternyata Ini Manfaat Minum Air pH Tinggi!

Susah Bangun Pagi? Tips ini Harus Kamu Coba!

Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Detoks Media Sosial!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *