Ini Manfaat Berbicara dengan Diri Sendiri

oleh -104 views
source: marketingland.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berbicara adalah suatu aktivitas yang selalu kita lakukan. Biasanya kita berbicara dengan 2 orang atau lebih. Sekedar bertegur sapa, mengobrol santai, sampai hal-hal yang penting. Namun, tak jarang kita berbicara dengan diri sendiri. Mungkin bagi beberapa orang ini adalah hal aneh, tetapi ternyata ada manfaat dari berbicara dengan diri sendiri lho. Mari kita bahas pembahasan berikut ini. (tika)

Para psikolog menyebutnya ini adalah kebiasaan sebagai external self-talk. Melansir dari halodoc, seorang profesor psikologi di University of Michigan mengatakan bahwa berbicara pada diri sendiri dapat melihat segala sesuatu dengan lebih objektif. Jadi self talk ini bisa menjadi hal penting untuk diri kita sendiri.

1. Menghilangkan stress

Ternyata ngomong sendiri ini bisa menghilangkan stres ya. Hal ini karena saat kita berbicara pada diri sendiri, pikiran kita cenderung mengatur dan memprioritaskan kewajiban. Sehingga pikiran kita akan menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres.

2. Mengurangi kesepian

Berbicara sendiri dapat membantumu mengurangi atau meringankan kesepian. Hal ini terjadi apabila kamu merasa kesepian kemudian kamu mengisi dengan suaramu saat sendirian. Namun, hati-hati apabila kamu sering mendebat dirimu, bisa menjadi indikasi perilaku abnormal dan perlu mendapat perawatan dari psikolog dan psikiater.

3. Menjadi lebih teratur

Pernahkan saat ingin melakukan suatu aktivitas, kamu berbicara sendiri apa yang akan kamu lakukan? Kemudian setelah diucapkan, cenderung lebih mudah melakukan. Hal ini karena pikiran hanya dapat memproses satu tugas pada satu waktu meskipun kamu berpikiri melakukan banyaak tugas.

4. Membantu menyelesaikan masalah

Berbicara pada diri sendiri bisa membantumu menyelesaikan masalah pribadi secara bijak. Saat ada masalah mungkin akan lebih lega jika bercerita kepada orang lain. Namun, dengan berbicara sendiri juga mampu menganalisis suatu masalah kamu sendiri.

5. Menyalurkan emosi

Saat kesal macet di perjalanan atau tugas yang banyak mungkin tak jarang ada yang emosi hingga mengeluarkan kata-kata. Berbicara atau berteriak bisa menjadi salah satu pelampiasan dan luapan emosi yang membuat kita lega. Secara tidak langsung, kamu berbicara sendiri dan membuatmu menjadi lebih tenang.

Inilah manfaat berbicara pada diri sendiri yang perlu kamu ketahui.

Baca juga :

Suka Melamun? Ini Lho 5 Manfaat Melamun!

Ini Bahaya Kalau Kamu Kurang Minum Air!

Ternyata Ada Manfaat Menangis Bagi Kesehatan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *