Jangan Sampai Terlena, Berikut Katak Paling Beracun di Dunia Part I

oleh -157 views
Katak beracun di dunia
Katak beracun di dunia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Di dunia ini sudah ada banyak sekali hewan yang mempunyai anugrah alat perlindungan diri. Seperti contohnya katak berikut ini yang mempunyai senjata perlindungan diri berupa racun yang ada pada tubuhnya. Walaupun mempunyai warna tubuh yang sangat cantik, ternyata warna tersebut adalah racun lho sob. So, berikut katak paling beracun di dunia. (fb)

Baca juga: Hewan yang Mempunyai Penampilan Sama Namun Ternyata Berbeda

Kodok Perut Api Oriental

Meski Mematikan, 5 Racun Ini Ternyata Juga Bisa Membantu Manusia -  Boombastis.com | Portal Berita Unik | Viral | Aneh Terbaru Indonesia
Source by Boombastis.com

Walaupun mempunyai nama kodok, hewan ini tetap masih masuk kedalam ordo anura. Hewan ini mempunyai nama “perut api” karena warna terang yang berada di perutnya. Dan pada bagian itulah racun tersebut berada.

Saat merasa terancam, kodok ini akan berdiri sembari membusungkan perutnya untuk menunjukan racun yang ia punya.

Phantasmal Poison Frog

Phantasmal poison frog - Wikipedia
Source by Wikipedia

Katak paling beracun di dunia adalah katak yang berasal dari Ekuador dengan nama phantasmal poison frog. Tubuh mereka mempunyai kombinasi warna yang cukup cerah yakni hijau ataupun jingga.

Katak ini merupakan katak yang mempunyai racun paling mematikan dibandingkan racun katakn panah lainnya. Konon katanya, racun dari katak ini dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Katak Biru Panah Beracun

Poisonous Frog – chun59
Source by chun59

Katak yang satu ini juga tidak kalah mencolok warnya dibanding katak sebelumnya. Hidup di wilayah selatan Suriname dan Brazil, blue poison dart frog ini dapat tumbuh hingga mencapai 4,5 cm.

Racun yang ia miliki berasal dari warna birunya yang cerah yang mengandung kelenja alkaloid yang mampu melumpuhkan hingga membunuh predator.

Ranitomeya Amazonica

Ranitomeya amazonica | Information, photos, call, video, links
Source by DendroWiki

Katak berikutnya berasal dari Hutan Amazon yang mempunyai nama Amazonica Ranitomeya atau katak anak panah amazon. Berbeda dari katak sebelumnya, jenis katak ini mempunyai ukuran yang sangat kecil yakni 16–19 mm.

Walaupun terlihat imut karena memiliki warna yang cerah dan ukuran yang kecil, katak ini mempunyai racun yang berada di sekujur tubuhnya. Oleh karena itu, penduduk di sana memanfaatkannya untuk berburu dengan cara memolesnya ke peralatan berburu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *