Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Perlu Kamu Ketahui!

oleh -80 views
source: herbtonics.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kita. Sebagaimana ada makanan pemicu kanker, ada juga makanan sehat untuk pencegah kanker lho. Makanan pemicu kanker diantaranya makanan tinggi gula, daging olahan, dan makanan yang diolah secara berlebihan. Berikut ini kita akan membahas jenis makanan pencegah kanker. (tika)

1. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous termasuk kelompok sayuran yang terkenal dengan khasiat anti kanker. Yang termasuk jenis sayuran cruciferous adalah brokoli, lobak, kembang kol, kale, kubis, selada air dan lain-lain. Ada sebuah penelitian dari University of California Gary Firstone oleh profesor biologi molekuler dan sel yang mengatakan bahwa senyawa alami dalam sayuran-sayuran tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan dan fungsi sel kanker reproduksi.

2. Ikan

Ada beberapa studi yang membuktikan bahwa mengonsumsi ikan bisa menurunkan risiko kanker. Sebuah studi mengatakan bahwa mengonsumsi ikan lebih banyak menurunkan kanker pada saluran pencernaan. Semua jenis ikan baik, namun ikan dengan asam lemak omega-3, seperti salmon dapat mencegah risiko kanker usus yang lebih rendah. Orang yang mengonsumsi 123,9 gram ikan beromega-3 tinggi memiliki risiko 10% lebih rendah terkena kanker usus.

3. Flaxseed

Flaxseed atau biji bunga flax dengan nama latin Linium usistassinum memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai makanan pencegah kanker. Flaxseed mengandung ALA yang dapat menurunkan peradangan yang dapat memicu kanker. Selain itu, biji bunga ini juga mengandung lignan, senyawa phytoestrogen yang dapat memengaruhi metabolisme estrogen, sehingga memperlambat perkembangan kanker payudara dan kanker prostat.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang tanah, almond, dan lain sebagainya bisa mencegah pertumbuhan kanker.Melansir dari fimela, di dalam jurnal Molecular Carcinogenesis menyebutkan bahwa kacang-kacangan sangat efektif mencegah kanker usus. Wiebe Scholrmann dari University of Jena juga mengatakan ada banyak zat zat yang baik dalam kacang. Bahkan selain untuk mencegah kanker, juga bisa menyehatkan jantung dan melancarkan program diet.

5. Rempah-rempah

Dalam keseharian kita seringkali menambah rempah-rempah dalam masakan. Selain rasanya yang menjadi lezat, rempah-rempah juga bermanfaat dalam mencegah terkena risiko kanker. Para ilmuwan juga sudah banyak yang menemukan rempah-rempah yang mengandung phytochemical yang memengaruhi tubuh secara biologis. Rempah-rempah yang bisa mencegah risiko kanker diantaranya adalah kunyit, jahe, bawang putih, cabai rawit, dan kayu manis.

Nah itulah jenis jenis makanan pencegah kanker yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi dan olahraga yang rutin ya.

Baca juga :

Ternyata Ada Manfaat Menangis Bagi Kesehatan!

Ini Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Kamu Coba!

Jus VS Smoothies, Mana yang Lebih Sehat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *