Permainan Tradisional Bikin Kamu Nostalgia! (Bagian 1)

oleh -1.049 views
source: web.500px.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seperti yang telah kita ketahui, perkembangan teknologi semakin maju dan canggih. Sejak ada teknologi anak-anak pun beralih yang tadinya lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah menjadi sering bermain gadget. Kondisi ini tentunya bertolak belakang dengan berbagai permainan saat anak-anak pada zaman dahulu. Kali ini kita akan memebahas permainan tradisional yang bikin kamu nostalgia. (tika)

1. Engklek

Engklek adalah permainan tradisional yang cukup populer di Indonesia, terutama di pedesaan. Cara permainannya adalah pertama kita membuat kotak kotak yang biasanya di gambar menggunakan batu atau kapur. Gambar tersebut mereka buat di lapangan, jalanan, atau tempat datar lainnya. Peraturannya tiap daerah berbeda-beda. Bermain engklek sangat seru dan bermanfaat untuk mengasah kemampuan fisik, sosial, dan menjadi lebih kreatif.

2. Layangan

Layang-layang atau layangan adalah permainan yang terbuat dari lembaran tipis yang terhubung dengan tali kemudian diterbangkan. Permainan ini memanfaatkan angin sebagai tenaga untuk naik dan terbang di udara. Melansir dari kompas, dalam buku Permainan Tradisional Indonesia, layang-layang termasuk salah satu permainan rakyat daerah Riau. Layangan juga permainan yang tiap daerah di Indonesia ada, bahkan ada hingga di luar negeri.

3. Kucing dan tikus

Pasti kamu pernah bermain kucing dan tikus, sangat seru karena permainan yang dilakukan secara ramai. Permainan tradisional ini membutuhkan 2 orang, yang satu menjadi kucing dan satu nya menjadi tikus. Sisanya, para pemain harus membuat lingkaran lebar dan memegang tangan. Pemain yang menjadi tikus akan berada di dalam lingkaran, sedangkan kucing berdiri di luar lingkaran. Permainan ini bermanfaat untuk melatih kerja sama dan berperilaku sportif lho.

4. Petak umpet

Tentu kamu tahu permainan petak umpet ini. Petak umpet ini adalah permainan tradisional yang terdiri dari dua orang atau lebih. Ternyata, bukan hanya ada di Indonesia, permainan ini diduga berasal dari Yunani, Namun pasti setiap daerah mempunyai versi dan peraturan yang berbeda tiap negara. Bahkan ada perlombaan petak umpet secara internasional lho, namanya “Nascondino World Championship” di Kota Bergamo, Italia.

5. Congklak

Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang kini sudah jarang di mainkan lho. Cara bermainnya adalah orang pertama untuk mengambil biji congklak yang berisi 7 buah dan harus membagikannya ke tiap lubang di papan tersebut. Pemain juga harus mengisi induk lubang yang ia miliki. Ada sebuah penelitian yang mengatakan permainan tradisional sangat penting karena membantu perkembangan fisik dan mental. Permainan tradisional juga dapat melatih kepercayaan diri dan ketahanan mental.

Nah itu teman, permainan tradisional yang bikin kamu nostalgia. Mana nih mainan tradisional yang jadi favoritmu?

Baca juga:

Dampak Buruk Penggunaan Gadget Untuk Anak-Anak!

Ini Jajanan Jaman Dulu yang Bikin Nostalgia! (Bagian 1)

5 Hobi Ini Bikin Kamu Jadi Cerdas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.