Mengenal Kapal Tunda, Si Kecil yang Memiliki Kekuatan Besar

oleh -562 views
Kapal Tunda
Kapal Tunda

ZETIZEN RADAR CIREBON- Dalam dunia perkapalan, sudah banyak sekali jenis-jenis kapal yang sudah dibuat di dunia ini. Mulai dari kapal perang hingga kapal fungsional seperti yang satu ini yakni kapal tunda.

Kapal tunda atau dalam bahasa inggris disebut dengan nama tugboat ini merupakan kapal yang digunakan untuk melakukan manuver. Namun, peran utamanya adalah untuk membantu kapal yang lebih besar dengan cara menarik atau mendorong menuju pelabuhan, laut lepas atau melalui terusan.

Selain menarik atau mendorong kapal besar. Tugboat juga mampu untuk mendorong atau menarik tongkang, kapal rusak hingga peralatan lainnya.

Walaupun memiliki ukuran yang terbilang kecil, kapal ini ternyata mempunyai tenaga yang sangat besar. Di zaman sekarang kapal ini sudah berubah dari uap menggunakan mesin diesel. Oleh karena itu si kecil ini mampu mengeluarkan kekuatan mulai dari 750 hingga 3000 tenaga kuda.

Foto oleh @farhan_firjatullah_b

Pada umumnya mesin yang digunakan untuk kapal menggunakan mesin yang sama dengan mesin kereta api. Namun, berbeda dengan kapal tunda. Ia menggunakan baling-baling dengan dua buah mesin induk. Karenanya, kapal ini dapat bermanuver hingga 360 derajat.

Jenis penggeraknya tersebut dinamakan Schottel propulsion system (azimuth thruster/Z-peller) atau  atau sistem propulsi Voith-Schneider.

Kapal yang dapat dibantu dengan tugboat juga terdapat beberapa kategori. Kategori itu sendiri pun sesuai dengan Pasal 3 PM 93 Tahun 2019 Tentang Sarana Bantu dan Prasarana Pemanduan Kapal. Untuk kapal yang berukuran 70-150 meter menggunakan satu kapal, 150-250 meter menggunakan 2 kapal tunda dan 250 ke atas minimal menggunakan 3 kapal tunda. (fb)

Baca artikel selanjutnya Datangnya KRI Dewaruci di Muara Jati Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.