Mengintip Dapur Kerajaan Inggris: Menu Makanan Ratu Elizabeth

oleh -109 views
Foto : Cdn.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ratu Elizabeth II dan keluarga Kerajaan Inggris belakangan menjadi sorotan pascawawancara Meghan dan Harry bersama Oprah Winfrey. Hal lain yang juga tak kalah buat penasaran adalah apa sebenarnya yang dimakan sang Ratu sehari-hari? Berikut kita mengintip Dapur Kerajaan Inggris dan menu makanan Ratu Elizabeth! (jerrell)

Sarapan

Dilansir dari Mashed, Ratu Elizabeth biasanya bangun sekitar pukul 07.30 pagi dan menikmati satu teko teh Earl Grey dengan susu tanpa gula. Disajikan dengan beberapa biskuit sebagai kudapan pendamping minum teh.

Kebiasaan ini ia lakukan setiap hari sambil mendengarkan radio dan bersiap mandi pagi.

Namun itu belum termasuk sarapan. Ia dan suaminya, Pangeran Philip biasanya menyantap sereal, yogurt, dan roti panggang dengan selai. Sereal pilihan ratu biasanya Kellogg’s atau Special K dengan buah. Ia menyajikannya untuk dirinya sendiri.

Terdengar biasa? Meski sarapannya terlihat sederhana, namun ini yang membedakannya dengan rakyat biasa. Sarapan Ratu Elizabeth disajikan dengan sebuah piring marmer berhiaskan permata, yang 30 tahun lalu bernilai 500 ribu poundsterling atau Rp9 miliar.

Alkohol Sehabis Sarapan

Sebelum makan siang, Ratu Elizabeth akan minum gin dan Dubonnet dengan sepotong lemon dan es.

Dubonnet adalah minuman beralkohol berbahan dasar anggur yang manis dipadukan dengan rempah-rempah.

Untuk membuat minuman favoritnya ini, Ratu Elizabeth juga punya takaran sendiri, yaitu 2:1 Dubonnet dan gin Tanqueray Gordon & Co.
Makan Siang

Makan siang disajikan sekitar pukul 13.00 setiap harinya, biasanya terdiri dari kombinasi ikan dan sayuran.
Menurut mantan chefnya, Darren McGrady, makan siang favoritnya adalah ikan dover sole panggang yang disajikan di atas bayam tumis dengan zukini.

Namun menunya tak melulu itu. Menu makan siang bergantung pada preferensi pribadi ratu, termasuk rutinitas hariannya.

Makan siangnya juga akan berbeda jika dia sedang liburan atau bepergian. Pada kunjungankerajaan, Ratu Elizabeth biasanya makan makanan seperti salmon tian dengan adas dan salad apel, diikuti dengan iga domba dengan cassoulet kacang dan jus lemon, diakhiri dengan kue tart oranye bakar dengan meringue poached dan compote blackberry.

Jamuan Teh Sore

Dalam kerajaan Inggris, Afternoon Tea atau teh sore memiliki sejarah tersendiri. Afternoon Tea sudah dilakukan keluarga bangsawan Inggris sejak 1840-an, dipopulerkan oleh Duchess of Bedford Anna Russel yang juga teman Ratu Victoria.

Saat ini, Afternoon Tea memang hanya untuk acara tertentu, tapi Ratu Elizabeth masih melakukannya setiap sore hari.

Jamuannya terdiri dari kue, seperti bolu madu dan krim, kue jahe, kue buah, biskuit coklat, sandwich yang berisi mentimun, salmon asap, mayones telur atau ham dan mustard, dan terakhir, sandwich selai raspberry. Semua kudapan itu disajikan dengan teh.

Ilustrasi Sereal
Foto: ponce_photography/Pixabay
Ilustrasi Sereal

Makan Malam

Jika makan malam pasangan biasanya menyenangkan, memanjakan, dan menghibur, berbeda dengan pasangan Ratu Inggris dan Pangeran Philip.

Pasangan Kerajaan Inggris ini biasanya makan malam dengan agak berat. Mereka akan berganti pakaian yang lebih nyaman sebelum menikmati makan malam. Hidangan yang disajikan biasanya terdiri dari daging domba, sapi panggang, kambing, belibis atau salmon yang diambil dari perkebunan ratu.

Hidangan daging tersebut disajikan dengan sayuran dan Martini sebagai minuman beralkohol.

Makanan penutup termasuk stroberi yang dipetik dari kebun ratu di Balmoral, atau persik putih yang ditanam di Kastil Windsor.

Ratu Elizabeth juga tidak menyukai wine sehingga jarang ia minum wine saat makan malam pribadinya.

Minuman terakhir sebelum tidur

Setelah makan malam, ratu akan duduk untuk menonton Coronation Street atau bermain game seperti teka-teki silang dan scrabble sebelum melakukan sedikit pekerjaan di malam hari. Di momen ini, ia juga menikmati minuman terakhirnya malam itu yakni segelas sampanye favoritnya dengan merek Bollinger, Krug, Lanson, dan Pol Roger.

Makanan Favorit Ratu

Cokelat

Ratu Elizabeth menyukai cokelat. Di antara makanan penutup manis yang paling ia sukai adalah kue biskuit cokelat, mousse cokleat, dan bolu cokelat ganache. Tidak hanya itu, mantan koki kerajaan Darren McGrady, pada dasarnya menu apa pun dengan cokelat bakal disetujui Ratu Elizabeth II.

Namun, dia lebih suka dark chocolate dan pahit dengan kandungan kakao 60 persen atau lebih tinggi. Camilan cokelat favoritnya yang wajib ada adalah adalah Bendicks Bittermints.

Daging Panggang

Ratu cenderung menyantap daging panggang di akhir minggu setelah pulang dari Gereja. Ini menjadi salah satu tradisi kuliner paling dicintai di Inggris. Makanan ini awalnya dimaksudkan untuk menjadi makanan yang akan dimakan orang Inggris setelah kebaktian Gereja di tahun 1400-an, dan segera menjadi sangat populer di kalangan bangsawan dan pekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *